Targetkan 2 Juta Penumpang di 2019, PT KCI Tambah Dua Gerbong di Tiap Rangkaian

Sumber: Tribun

Kementerian perhubungan berencana menambah kapasitas kereta commuter line yang sebelumnya delapan gerbong akan menjadi sepuluh dan sepuluh gerbong menjadi 12 gerbong dalam setiap rangkaian. Penambahan gerbong ini juga dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan moda transportasi massal.

Baca juga: KRL Premium, Apa Bedanya dengan KRL Reguler?

Penambahan gerbong ini juga bisa membantu PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang menargetkan mengangkut dua juta penumpang sehari di tahun 2019. Sehingga PT KCI akan mempercepat penambahan gerbong tersebut untuk memudahkan penambahan dua juta penumpang perhari.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai lama sumber, penambahan gerbong dalam rangkaian kereta akan memperlambat karena bebannya. Sehingga kecepatan kereta akan dikurangi dan headway akan meningkat seiring penambahan dua gerbong kereta dalam setiap rangkaian. Vice President Coorporate Communication PT KCI, Eva Chairunissa mengatakan, penambahan dua gerbong akan dilakukan secara bertahap disejumlah perjalanan kecuali relasi Kampung Bandan-Tanjung Priok.

Perpanjangan gerbong tersebut akan dilakukan di beberapa jalur yakni Bogor-Jakarta Kota, Bekasi-Jakarta Kota, Tangerang-Duri, Rangkasbitung-Tanah Abang. Diketahui saat ini ada 83 kereta yang tersebar dimana 20 kereta merupakan standformasi 12, jumlah ini paling banyak ada di jalur Bogor-Jakarta Kota sebanyak 13 kereta.

Sedangkan lima kereta di lintasan Cikarang-Bekasi-Jakarta Kota serta dua lain sisanya di lintas Tangerang-Duri. Sedangkan standformasi 10 ada 37 kereta dimana 16 kereta di Rangkasbitung-Tanah Abang, delapan kereta di jakarta Kota-Bekasi-Cikarang dan tujuh loopline Bogor yang melintas Jatinegara-Angke.

Lima kereta di Jakarta Kota-Bogor dan satu kereta jurusan Nambo-Angke. Sedangkan standformasi delapan sebanyak 23 kereta yag tersebar di loopline Bogor yang melintas Jatinegara-Angke sebanyak 14 kereta, tiga di lintas Tangerang-Duri, tiga di Jakarta-Bogor, dua di Jakarta Kota-Bekasi-Cikarang dan satu lainnya di lintas Nambo-Angke.

Baca juga: Tingkatkan Kenyamanan Penumpang, PT KAI Usulkan KRL Kelas Premium

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatkan, penambahan gerbong semuanya yang dari sepuluh menjadi 12 gerbong dalam satu rangkaian. Dia mengatakan, proses penambahan gerbong dilakukan bersamaan dengan penambahan kanopi stasiun.

“Pasti gerbong itu akan jadi 12 semuanya. Sekarang itu banyaknya sepuluh. Kalau 12 gerbong ya kanopinya juga ditambah. Sekarang kan lagi nambah ini, bertahap,” kata Budi Karya.