Tas Anda Hilang di Perjalanan? Tenang, Gadget ini Akan Tunjukkan Lokasinya!

Sumber: forevertech.in

Apa yang bisa membuat hari Anda berantakan setibanya Anda di bandara ketika hendak berlibur atau menjalankan tugas dari kantor? Menunggu barang di ban berjalan (baggage carousel) kadang cukup membosankan, tapi ada lagi yang lebih buruk dari itu, ya, barang Anda tertinggal atau terpisah dari Anda selama perjalanan. Tentunya kejadian seperti ini bisa merusak rencana perjalanan Anda. Ditambah lagi dengan proses melacak keberadaan barang Anda yang biasanya memakan waktu cukup lama, duh!

Baca Juga: Unik, Penumpang Masukkan Sebuah Bir Kaleng Ke Bagasi Pesawat dan Diberi ‘Tag’

Namun, kini Anda tidak perlu khawatir karena sebuah produsen koper terkemuka, Samsonite baru-baru ini merilis salah satu teknologi yang disertakan di setiap koper, yaitu alat pelacak nirkabel. Seperti yang dihimpun oleh KabarPenumpang.com dari Nikkei.com (7/7/2017), Samsonite Internasional meluncurkan teknologi ini agar penumpang yang terpisah dengan barang bawaannya dapat melacak keberadan terakhirnya. Tentu saja, ini merupakan sebuah kabar baik di tengah semerawutnya dunia penerbangan.

Dengan memasukkan Tumi Global Locator ke dalam koper sebelum berangkat, Anda dapat melacak keberadaan koper yang hilang tersebut menggunakan GPS, WiFi,Bluetooth dan koneksi internet lainnya cukup menggunakan aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Pelacakan ini juga dapat dilakukan dalam interval waktu 20 hingga 30 menit sekali. Tumi sendiri merupakan salah satu produsen tas dan aksesoris kelas atas, diakuisisi oleh Samsonite pada tahun lalu.

Sumber: amplience.com

Dari segi bentuk sendiri, Tumi Global Locator ini hanya berukuran separuh dari smartphone dengan berat kurang lebih 150 gram, tentu teknologi ini tidak akan memakan banyak ruang di koper Anda. Untuk masa ketahanan dari device ini sendiri, Tumi Global Locator mampu bertahan sekitar 100 jam dan bisa diisi kembali dayanya selama perjalanan.

Pihak Samsonite sendiri mengaku perangkat tersebut sudah diakui oleh U.S. Federal Aviation Administration dan siap untuk digunakan di bandara-bandara di Amerika. Sambungan data dari teknologi ini disokong operator seluler AT&T, sedangkan untuk pengembangan teknologinya sendiri diserahkan kepada LugTrack, sebuah perusahaan asal Negara Adikuasa yang bergerak di bidang teknologi serupa.

Baca Juga: Mulai Alergi Kacang Hingga Abu Jenazah, Inilah Deretan Peraturan Unik di Maskapai

Diharapkan, kehadiran Tumi Global Locator menjadi solusi bagi siapa saja yang terpisah dengan barang bawaannya. Lebih jauh, kehadirannya juga akan memberikan rasa aman kepada para penumpang terhadap kopernya. “Masuknya teknologi semacam ini bisa dibilang belum terlambat mengingat perkiraan jumlah penumpang moda udara yang akan melonjak dua kali lipat dalam dua dekade ke depan,” ujar pihak International Air Transport Association (IATA).

Namun, semua kenyamanan tersebut tidaklah cuma-cuma. Anda diwajibkan untuk merogoh kocek $150 untuk perangkat tersebut, dan biaya tambahan untuk langganan koneksi data sebesar $50 per-tahunnya. Apakah Anda bersedia untuk mengamankan barang bawaan Anda?