Terapkan Teknologi Self-Bag Drop, Bandara Domodedovo Siap Minimalisir Waktu Tunggu Penumpang

Bandara Domodedovo. Sumber: istimewa

Bandara Domodedovo Moskow dan S7 Airlines telah bekerja sama guna mengimplementasikan teknologi Scan & Fly self -bag drop dari Société Internationale de Télécommunications Aéronautiques (SITA). Pihak SITA sendiri mengatakan bahwa teknologi self-bag drop ini telah diuji coba pada counter check-in maskapai S7 di Bandara Domodedovo sejak awal September kemarin. Hasilnya pun bisa dibilang sangat memuaskan, dimana sekira 1.000 penumpang mengapresiasi teknologi baru tersebut.

Baca Juga: Emirates Airlines Siap Hadirkan Teknologi Biometric Path di Bandara Internasional Dubai

Berdasarkan lansiran KabarPenumpang.com dari laman planetbiometrics.com (16/10/2018), rencananya pada akhir tahun 2018 ini, sebanyak 24 counter check-in yang ada di Bandara Domodedovo akan dilengkapi dengan teknologi serupa, sehingga maskapai lain juga dapat menjajal teknologi Scan & Fly self -bag drop.

Teknologi akan mempercepat dan menyederhanakan proses check-in penumpang. Dilengkapi dengan sistem pemindai dokumen dan barcode reader, total hanya dibutuhkan tiga langkah sederhana bagi para penumpang yang hendak melakukan check-in. Pertama barcode boarding pass akan dipindai, lalu tag untuk tas dicetak, dan yang terakhir tag ditempelkan di tas dan siap untuk ‘disetorkan’ ke bagian kargo.

Direktur Bandara Domodedovo, Igor Borisov mengatakan bahwa ini merupakan transformasi penting untuk meningkatkan pengalaman penumpang di Bandara Domodedovo. “Kami akan secara aktif menerapkan teknologi pintar sehingga penumpang mendapatkan pengalaman luar biasa di bandara,” ujar Igor.

“Kami senang dapat menerapkan teknologi Scan & Fly self bag drop ini bersama dengan mitra kami, S7 Airlines dan SITA. Nilai-nilai berharga yang kami dapatkan adalah teknologi, dan inovasi yang akan mendorong kualitas pelayanan Bandara Domodedovo terhadap para calon penumpang,” tandasnya.

Sejalan dengan Igor, Direktur Passenger Experience di S7 Airlines, Svetlana Kulyukina mengatakan bahwa pihak maskapai akan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan pelayanan maksimal kepada setiap penumpang layanannya.

Baca Juga: Bandara Heathrow Siap Adopsi Teknologi Biometrik Pada Musim Panas 2019

“S7 Airlines akan secara aktif menerapkan teknologi modern untuk kepuasan para pelanggan kami – membuat perjalanan mereka senyaman mungkin. Hadirnya teknologi ini akan mempersingkat waktu penumpang di bandara sebelum mereka mengudara,” kata Svetlana.

“Tidak seperti layanan pendahulu, kini penumpang hanya membutuhkan waktu kira-kira satu menit di counter check-in dan selepas itu mereka bisa langsung menuju zona pemeriksaan.” tutupnya singkat.