Terlibat Adu Jotos di Dalam Kabin, Penumpang Ini Terpaksa Diturunkan

Sumber: airlinereporter.com

Media Amerika belakangan ini tengah menyorot kejadian perkelahian yang terjadi di atas maskapai All Nippon Airways yang hendak bertolak dari Narita, Jepang. Kejadian ini sempat diabadikan oleh penumpang lain yang juga berada dalam penerbangan yang sama dan diunggah ke internet. Seperti yang diwartakan oleh japantimes.co.jp pada Rabu (3/5/2017) kemarin, maskapai tersebut mengalami penundaan keberangkatan kurang lebih hingga 50 menit.

Perkelahian yang terjadi pada hari Senin (1/5/2017) kemarin menuai banyak kecaman setelah pengguna Twitter dengan akun @CoreyHour menetaskan beberapa cuitan yang mengutarakan pendapatnya tentang kejadian tersebut. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Coreylah yang mengunggah video perkelahian tersebut ke dunia maya.

Sumber: thenypost.com

Dalam rekaman yang berdurasi kurang dari 1 menit ini, terlihat seorang pemuda yang mengenakan baju Hawaii berwarna merah berteriak “Saya akan membunuh Anda!” sebelum akhirnya melayangkan bogem mentah kepada penumpang lain yang menggunakan kaos berwarna hitam yang duduk di baris belakangnya. Tak lama setelah kedua orang tersebut saling melayangkan pukulan, terlihat seorang pramugari mencoba untuk melerai keduanya, namun usaha yang dilakukan sia-sia, dan perkelahian tersebut tetap berlanjut. Beberapa saat berselang, pria yang mengenakan baju Hawaii tersebut sempat pergi menjauh, namun kembali mendekati lawannya lalu memukulnya kembali. Penumpang lain yang ketakutan lalu pergi dari bangkunya masing-masing untuk menyelamatkan diri.

Hari Selasa (2/5/2017) kemarin, pihak All Nippon Airways melalui juru bicaranya mengatakan pria berwarga-negara Amerika tersebut berusia kurang lebih 40 tahun. “Ia telah melakukan penyerangan terhadap penumpang lain dan kru All Nippon Airways,” katanya. Menurut media Jepang, pria paruh baya tersebut disinyalir sedang berada di bawah pengaruh minum-minuman beralkohol, namun pihak All Nippon Airways tidak dapat berkomentar mengenai temuan tersebut.

Akibatnya, Ia terpaksa diturunkan dari maskapai tersebut dan mendapatkan sanksi atas keonaran yang ia lakukan. “Ia sudah mengancam keselamatan penumpang, dikeluarkan dari penerbangan dan kemudian ditahan dan diadili oleh penegak hukum setempat,” tambahnya. Adapun penahanan tersebut dilakukan karena Ia telah melukai kru All Nippon Airways, bukan karena perkelahian yang terjadi di atas Boeing 777 tersebut. Kejadian kekerasan yang terjadi di dalam maskapai seperti ini tentu saja merugikan banyak pihak, bukan hanya penumpang yang terpaksa mengalami keterlambatan, tapi juga pihak maskapai yang secara otomatis terseret untuk dimintai keterangan oleh pihak yang berwajib.

Akibat kejadian ini, pihak All Nippn Airways mengeluarkan rilis resmi mengenai perkelahian tersebut. “All Nippon Airways meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh penumpang penerbangan #6 tujuan Los Angeles atas insiden sebelum pesawat mengudara. Orang-orang yang terlibat di dalamnya telah ditindak oleh penegak hukum setempat.”