Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta Mati Listrik (Lagi)

Sumber: istimewa

Pada Senin (17/9/2018) malam kemarin, Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) sempat mengalami padam listrik selama beberapa waktu. Dalam sebuah foto yang diunggah warganet ke dunia maya, tampak seluruh bangunan terminal khusus Garuda Indonesia ini berada dalam keadaan gelap gulita – hanya ada beberapa lampu bertenaga genset saja yang menjadi sumber penerangan kala itu. Otomatis, pengoperasian terminal pun sempat tertunda beberapa waktu hingga listrik kembali menyala.

Baca Juga: Dalam Jumlah Pergerakan Penumpang, Bandara Soekarno-Hatta Unggul Tipis dari Changi

Mengenai kasus ini, sejumlah pihak terkait masih melakukan penyidikan guna menemukan penyebab mati listrik tersebut. Namun jika dirunut ke belakang, kasus ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, pada Senin (13/7/2015) silam, terminal paling baru di bandara berkode CGK ini juga sempat mengalami padam listrik. “Iya, tadi sempat mati lampu, satu menit saja, pukul 21.17 WIB,” ujar salah satu petugas jaga Terminal 3, dikutip dari laman detik.com (13/7/2015).

Lompat satu tahun, kejadian yang sama kembali terulang. Tepatnya pada Selasa (9/8/2016) malam, Plt Direktur Utama PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo mengatakan bahwa insiden mati listrik ini disebabkan oleh pemasangan sistem listrik yang tidak sempurna. “Jadi karena panas lalu korslet, seperti di rumah, kalau korslet, Miniature Circuit Breaker (MCB) turun sehingga listrik mati. Kita sudah teliti dan perbaiki, listrik sudah normal lagi,” ujar Djoko, dikutip dari laman sumber terpisah.

Lagi, di tahun 2017 kemarin, listrik di terminal ini kembali padam pada Minggu (5/2/2017). Diantara tiga contoh kasus di atas, inilah yang paling lama – karena listrik mati untuk beberapa jam. “Kira-kira sehabis Isya (pukul 19.00 WIB), kembali normal sekitar pukul 22.00 WIB,” tutur petugas bagian informasi Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Heru.

Baca Juga: Gara-Gara Listrik Mati, Bandara Sydney Menuai Delay Panjang

Usut punya usut, kasus mati listrik seperti ini tidak hanya terjadi di dalam negeri lho! Karena pada Minggu (24/9/2017) silam, bandara tersibuk di Australia, Sydney Airport (Kingsford Smith) juga sempat mengalami mati listrik selama kurang lebih empat jam lamanya. Walhasil, penumpukan penumpang di hari pertama libur sekolah ini tidak bisa dielakkan. “Masalah sudah diatasi, tapi bandara tidak berada pada kapasitas normal. Kami bekerja keras untuk menghapus antrian penerbangan,” ujar juru bicara Air Service Australia (ASA) Sarah Fulton.