Ternyata, Sandaran Kursi Mobil Sudah Ada Sejak 1930-an

0
(tradeuniquecars.com.au)

Lelah dan ingin beristirahat sejenak ketika mengendarai mobil? Ini hal yang sangat diwajarkan dan biasanya pengemudi akan menurunkan sandaran kursi mereka untuk merebahkan diri sesaat.

Baca juga: Di Zaman Koboy, Kursi Depan Penumpang Disebut “Shotgun”

Sebenarnya sejak kapan ada sandaran kursi di mobil dan apakah gunanya hanya untuk bersandar atau hal lainnya? KabarPenumpang.com melansir dari laman theglobeandmail.com, kursi mobil dengan sandaran ternyata bukan sebuah penemuan yang modern.

Pasalnya kursi dengan sandaran pertama kali muncul pada 1930-an dimana diperkenalkan bagi pengemudi mobil untuk tidur. Sedangkan tahun 1950-an dan 1960-an, kursi mobil dibuat sangat lapang sehingga bisa digunakan untuk tidur tanpa perlu sandaran.

Sedangkan sandaran yang melengkapi kursi saat ini tidak seperti masa lalu yang bisa dengan lapang untuk tidur selonjoran. Sebab dibatasi karena ada kursi belakang yang menghalangi.

Insinyur kenyamanan kursi Ford, Mike Kolich mengatakan, sandaran kursi sebagaian besar tidak dirancang untuk berfungsi ganda atau tempat tidur yang pas seperti untuk berkemah. Sandaran kursi ini juga tidak diuji secara resmi untuk kenyamanan tidur siang pengemudi.

“Itu biasanya bukan tes yang kita lakukan. Saya memang ditanya apakah kursi bisa begitu nyaman sehingga pengemudi mungkin tertidur saat mengemudi, tapi itu bukan masalah,” kata Kolich.

Dia menambahkan, bahwa tidak pernah memiliki pelanggan yang mengakui bahwa mereka menggunakan sandaran kursi untuk bermain-main atau meminta desain yang mungkin membuat sedikit nyaman.

“Kami membaca ribuan komentar dan saya belum pernah mendapatkannya. Mungkin mereka terlalu malu untuk menulis hal seperti itu dalam catatan,” kata dia.

Kolich menjelaskan, tujuan kehadiran sandaran kursi sendiri bukanlah untuk tidur siang atau malas-malasan. Dia mengatakan, percaya atau tidak ini juga terkait keselamatan dan juga untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat mobil beroperasi.

“Mobil itu tidak selalu beroperasi, terutama hari ini. Orang menggunakannya untuk kantor bergerak. Orang-orang menginginkan keserbagunaan,” ujarnya.

Baca juga: Sabuk Pengaman Ternyata Sudah Ada Sejak 1800-an

Selain itu, sandaran kursi juga bisa digunakan pengemudi ketika menunggu di mall, stasiun atau terminal ketika menunggu atau menjemput seseorang. Juru bicara GM Canada George Saratlic mengatakan, pengemudi bisa merebahkan kursi, menyalakan radio dan bersantai sembari menunggu.

Leave a Reply