“Ticc” Mudahkan Pesepeda Memberikan Tanda Belok pada Pengendara Lain

0
Indikator belok ticc (newatlas.com)

Ketika sepeda kembali berjaya di masa pandemi saat ini, banyak kalangan yang menggunakannya baik sebagai alat transportasi menuju ke tempat kerja maupun hanya untuk berolahraga. Tak hanya itu, karena hal tersebut, maka perangkat untuk kelengkapan sepeda pun semakin banyak, seperti helm, masker, lampu hingga lampu sein untuk memberitahukan pengendara lain ketika sepeda berbelok.

Baca juga: Berkat Teknologi GPS, Lampu Sein di Sepeda Bisa Menyala Otomatis

Salah satunya akan dibahas oleh KabarPenumpang.com yakni sein sepeda yang mana ada kemungkinan indikator sein LED sepeda banyak di pasaran dan mengharuskan pengemudi untuk menekan tombol yang berada di stang. Ini terlihat seperti tombol di sepeda motor, namun untuk mencari kemudahan dan membuatnya lebih sederhana serta aman, perangkat ticc justru mengaktifkan sein melalui head-tilts.

Dilansir dari newatlas.com (12 /11/2020), ticc sendiri dikembangkan oleh sekelompok pengusaha yang berbasis di Bercelona. Bentuknya cakram dengan cincin LED RGB di sekelilingnya dan tahan air. Ini cukup mudah digunakan yakni bisa di pasang di helm menggunakan dudukan magnet neodymium yang memudahkan untuk di copot kembali.

Dalam mode default ticc, semua LED menyala merah seperti lampu belakang standar. Namun, ketika pengguna dengan sengaja memiringkan kepalanya ke satu sisi atau sisi lain, LED di sisi perangkat tersebut mulai berkedip hijau secara berurutan, yang menunjukkan arah belokan yang akan datang.

Untuk memberi tahu pengendara bahwa itu memang telah diaktifkan, ticc juga berbunyi bip saat berkedip dengan nada berbeda untuk setiap sisi. Bunyi bip dan kedipan berlanjut hingga dibatalkan dengan kepala miring ke sisi yang berlawanan.

Selain itu ada juga mode lampu rem, di mana semua LED berkedip merah terang saat diaktifkan dengan menundukkan kepala ke depan. Perangkat mengeluarkan 60 lumens, memiliki sudut pandang 180 derajat dan diisi ulang melalui kabel USB. Saat mengisi daya, level baterainya ditunjukkan oleh jumlah LED yang menyala.

Baca juga: Pengemudi Ojek Sepeda di Kigali Wajib Pakai Helm

Bahkan ticc saat ini menjadi subjek kampanye Kickstarter. Dengan asumsi itu mencapai produksi, janji sebesar €49 (sekitar Rp822 ribu) untuk satu ticc. Kehadiran ticc, diharapkan akan lebih baik daripada Bigo yang merupakan indikator belok LED yang diaktifkan dengan kepala, tetapi itu tidak mencapai tujuan Kickstarter-nya.

Leave a Reply