Tiga Hal Unik Seputar Route 66: Mother Road

0
Sumber: doyouremember.com

Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu jalan tol paling kondang sejagad raya yang ada di Amerika ini. ‘Penampakannya’ yang kerap nebeng di sejumlah film kenamaan, serta predikatnya sebagai Mother Road ini membuat banyak orang penasaran dengan fakta-fakta yang tersaji di dalamnya. Kira-kira, Anda sudah bisa menebak jalan apa yang dimaksud?

Baca Juga: Nikmati Grand Canyon dengan Kereta Vintage Super Mewah yang Bisa Disewa

Ya, Route 66. Jalan yang juga dikenal dengan nama Will Rogers Highway dan Main Street of America ini diresmikan pada 11 November 1926. Route 66 sendiri memiliki panjang 3.940 km, menghubungkan Chicago, Illinois via Missouri, Kansas, Oklahoma, Texas, New Mexico, dan Arizona sebelum pada akhirnya jalan berakhir di Santa Monica yang ada di Los Angeles County, California.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan Route 66 ini, berikut KabarPenumpang.com himpun sejumlah fakta yang mungkin Anda belum tahu dari jalan super panjang ini, dikutip dari laman history.com.

Jalan Tol yang Punya Lagu
Jika selama ini lagu-lagu tercipta akibat patah hati dalam hubungan percintaan, atau hal-hal lain yang berbau menye-menye, maka Anda harus mendengarkan lagu dari Nat King Cole yang berjudul “(Get Your Kicks on) Route 66”. Ya, lagu ini terinspirasi dari perjalanan Bobby Troup, sang pencipta lagu melintasi panjangnya Route 66.

Dari ide unik seperti ini, siapa sangka bahwa lagu tersebut menjadi hits terbesar sepanjang sejarah Nat King Cole?

Diabadikan Dalam Berbagai Media
Ya, saking terkenalnya, Route 66 ini diabadikan dalam berbagai literasi, musik (seperti pada contoh di atas), hingga film. Di tahun 1939, seorang penulis asal California, John Steinbeck mempublikasikan novel yang berjudul “The Grapes of Wrath”. Dalam novelnya tersebut, si penulis mendeskripsikan bagaimana perjalanan menuju Barat melalui Route 66.

Tidak hanya itu, salah satu film rilisan Disney, Cars juga mengambil setting utama di sebuah kota fiktif bernama Radiator Spring – dimana kota ini terletak di bagian Route 66.

Baca Juga: Serba-Serbi Rumble Strip, “Polisi Tidur Mini” Yang Kerap Dijumpai di Jalan Tol

Pernah Dijadikan Trek Lomba Lari
Pada tahun 1928, para pelari melintasi Route 66, kurang lebih sepanjang 2.400 mil, dimana itu menjadi bagian dari lomba lari marathon sepanjang 3.400 mil dari Los Angeles menuju New York. Dari 199 peserta yang mengikuti lomba ini, hanya 55 diantaranya yang berhasil menyelesaikan perlombaan gila ini.

Leave a Reply