Toilet Berteknologi Tinggi, Bikin Pelancong Bingung di Bandara Haneda

Toilet berteknologi tinggi Jepang (Reuters)

Pelancong yang mengunjungi Jepang kerap kali dibuat terheran-heran dengan teknologi yang dimilikinya. Teknologi ini hadir di bandara, stasiun atau tempat-tempat wisata lainnya yang sering dikunjungi pelancong.

Baca juga: Bilik Toilet di Bandara Narita Dilengkapi Kertas Tisu Untuk Smartphone

Salah satu teknologi yang membuat heran pelancong adalah toilet dengan teknologi tinggi yang bisa membuat para penggemar Piala Dunia Rugby bingung. Pasalnya ketika pelancong pergi ke toilet mereka akan merasakan pengalaman yang sangat futuristik di Negeri Matahari Terbit.

Dilansir KabarPenumpang.com dari channelnewsasia.com, toilet Jepang ini menawarkan berbagai fungsi. Yang mana beberapa toilet terbuka secara otomatis ketika pelancong mendekatinya dan memberikan dudukan hangat agar membuat nyaman pada musim dingin.

Tetapi dengan teknologi tinggi justru membuat bingung penggunanya karena panel kontrol yang memiliki banyak opsi. Hal ini dirasakan sangat membingungkan oleh seorang pelancong yang juga penggemar Rugby, Alex Weimer ketika dua jam setelah tiba di Bandara Haneda Tokyo dari Perancis.

“Ada sekitar 15 tombol dalam bahasa Jepang dan aku tidak tahu yang mana yang harus ditekan. Ada simbol aneh dengan semprotan menuju ke segala arah. Siram ada di sisi lain, aku dengan panik menekan semua tombol dan membuat suara aneh,” ujarnya.

Sayangnya kehadiran toilet teknologi tinggi ini tidak sesuai dengan keinginan semua orang. Brent York mengaku toilet itu terlalu canggih dan dirinya menyukai kesederhanaan dengan menekan tombol tanpa pengalaman lain.

“Saya pikir ketika Anda pertama kali menggunakannya itu agak menakutkan. Tetapi kami sudah ke Jepang berkali-kali dan kami sudah terbiasa dengan toilet ini. Jepang memimpin dalam teknologi toilet,” kata Bernard James.

Bagi Jepang, kebersihan sangatlah penting di mana orang-orang mencuci tubuh mereka sebelum mandi dan melepas sepatu ketika memasuki rumah. Washlets dapat ditemukan di mana-mana di Jepang, di toilet umum, hotel dan di rumah-rumah penduduk.

Baca juga: Bandara Changi Resmikan Layanan Automated Immigration Gate

Dikenal sebagai populasi yang mengerti teknologi lebih dari 126 juta, pasar washlets sangat besar. Di showroom produsen toilet Toto di Tokyo, teknologi toilet terbaru dipajang. Dari standar rawa hingga yang paling canggih, ada pilihan untuk semua orang. Harga toilet ini sekitar 25 ribu yen (US$232), ada yang lebih dari satu juta yen (US$9300).