Tokyo Metro Hadirkan Aplikasi untuk Mudahkan Penumpang Temukan Toilet Kosong di Stasiun

0
Mudahkan penumpang ke toilet, Tokyo Metro hadirkan aplikasi untuk memperlihatkan bilik toilet kosong dan bisa digunakan (soranews24.com)

Toilet akan ada di berbagai tempat dan biasanya di sebuah stasiun besar akan ada beberapa dengan jarak yang cukup jauh satu dengan lainnya. Tokyo merupakan salah satu kota yang memiliki beberapa stasiun kereta bawah tanah yang sangat besar dengan beberapa toilet di dalamnya.

Baca juga: Wow, Toilet Umum di Jepang Dibuat Transparan

Hub utama di area Tokyo terdiri dari koridor yang tampak seperti tidak memiliki ujung yang menghubungkan berbagai jalur, pusat perbelanjaan dan deretan restoran. Bahkan diantaranya sangat kompleks sehingga dapat berfungsi ganda sebagai peta penjara bawah tanah RPG.

KabarPenumpang.com melansir dari laman soranews24.com, dalam peta kereta bawah tanah Ikebukuro Metro Tokyo ada empat toilet di area yang berbeda. Meski ada banyak toilet, tetapi jarak satu dengan lainnya cukup jauh sehingga bila panggilan alam dan saat tiba terisi penuh, mau tak mau penumpang harus berjalan cukup jauh dengan menahan hasrat tersebut.

Bisa dikatakan menahannya cukup lama dalam hitungan menit karena jaraknya cukup jauh ke toilet berikutnya. Untungnya Tokyo Metro mempermudah pengadaan tempat buang air besar untuk umum. Mulai 1 Desember, penumpang bisa menggunakan smartphone Anda untuk mengecek, secara real time, kamar mandi mana di Stasiun Ikebukuro yang masih kosong.

Layanan Penyediaan Informasi Lowongan Toilet yang baru ditambahkan dari Aplikasi resmi Tokyo Metro memberi tahu penumpang jumlah total kios dan berapa banyak yang saat ini kosong untuk toilet yang terletak di dekat platform Marunouchi, Yurakucho dan Fukutoshin Line, serta Echika Ikebukuro pertokoan. Informasi diperbarui terus-menerus oleh sensor yang mencatat apakah pintu kios ditutup (dan dengan demikian kios-kios tersebut ditempati).

Kemudian mengirimkan data ke server Tokyo Metro, yang menyampaikannya kepada pengguna aplikasi. Jadi penumpang yang ingin ke toilet tak perlu khawatir, karena tidak ada kamera yang terlibat, jadi aplikasinya tidak bergantung pada perangkat lunak pengenalan wajah untuk menentukan berapa banyak orang yang membuat wajah buang air besar pada waktu tertentu.

Baca juga: Wuih, Ada Robot Desinfektan Beroperasi di Stasiun Takanawa Gateway 

Aplikasi Tokyo Metro gratis untuk digunakan dan dapat diunduh untuk perangkat iOS dan Android. Sebagai permulaan, Layanan Penyediaan Informasi Lowongan Toilet hanya akan ditawarkan untuk Stasiun Ikebukuro sebagai uji kegunaan dan kelayakan program, yang akan berlangsung dari 1 Desember hingga 28 Februari. Bergantung pada hasilnya, Tokyo Metro dapat memperluas program ke program lainnya.

LEAVE A REPLY