TorchONE – Helm Sepeda dengan Lampu LED yang Bisa Dipasang dan Dilepas

0
TorchONE, helm dengan lampu LED yang bisa dipasang dan dilepas (newatlas.com)

Helm sepeda saat ini dipasaran sudah banyak yang dilengkapi dengan lampu. Namun yang pertama menghadirkan helm sepeda dengan lampu adalah Torch T1 yang saat ini pembuatnya telah kembali ke Kickstarter dengan menghadirkan panel LED yang bisa dipasang dan lepas sesuai kebutuhan pengguna.

Baca juga: “Ticc” Mudahkan Pesepeda Memberikan Tanda Belok pada Pengendara Lain

KabarPenumpang.com melansir dari laman newatlas.com (2/2/2021), helm terbaru ini dikenal dengan TorchONE yang mungkin agak sedikit membingungkan karena mirip dengan Torch T1 yang sudah ada sebelumnya. Namun sementara T1 dan hampir semua helm menghadirkan cahaya LED yang terintegrasi secara permanen ke dalam helm.

Sedangkan TorchONE menggunakan panel tahan air yang dapat dengan mudah dimatikan dinyalakan. Hal ini berarti, jika pengguna berkendara dalam kondisi panas dan cerah, bisa mematikan lampu untuk sementara waktu.

Hal ini untuk mengurangi berat helm dalam dan untuk meningkatkan aliran udara melalui ventilasi yang terpasang dibagian dalamnya. Sehingga tak heran, jika panel depan berwarna putih dan panel lampu belakang berwarna merah.

Meski begitu, tidak ada kabar tentang berapa banyak LED yang digabungkan masing-masing, atau berapa output cahaya gabungannya. Diketahui bahwa dengan menekan sebuah tombol pada setiap panel, mereka dapat diatur ke salah satu dari empat mode keluaran sehingga panel LED memiliki stabil tinggi, stabil rendah, berkedip lambat dan berkedip cepat.

Selain itu, karena panel melengkung di sekitar helm, lampu bisa dilihat dari samping, bukan hanya dari depan atau belakang. Namun, satu hal yang tidak mereka lakukan adalah berfungsi sebagai indikator belok atau lampu rem seperti yang dilakukan oleh lampu pada beberapa helm lain.

Para perancang memberi tahu bahwa penghilangan ini dimaksudkan untuk membuat hal-hal sederhana bagi pengendara sepeda dan yang terakhir mungkin hanya bingung dengan lampu helm yang melakukan hal-hal aneh seperti berkedip di satu sisi saja. Seperti yang sekarang menjadi standar pada elektronik yang dapat diisi ulang, kabel Micro USB digunakan untuk mengisi baterai lithium terintegrasi panel.

Baca juga: Pengemudi Ojek Sepeda di Kigali Wajib Pakai Helm

Perusahaan Pakaian Obor masih melakukan pengujian untuk menentukan masa pakai baterai di masing-masing dari empat mode. Seperti yang disebutkan, TorchONE sekarang ada di Kickstarter dan bila dengan asumsi semua berjalan sesuai rencana, harga helm dengan panel lampu LED sekitar £79 (sekitar US$108) akan memberi Anda satu pilihan dalam warna hitam, abu-abu, kuning atau putih.

Leave a Reply