Toyota Kembangkan Robot Untuk Tunjang Operasional Rumah Sakit

Sumber: istimewa

Penggunaan robotika pada proses produksi kendaraan bermotor sudah lumrah kita dengar, tapi bila ada pabrikan kendaraan bermotor yang menggunakan robot untuk fungsi lain, itu yang dirasa menarik perhatian. Seperti Toyota yang belum lama ini merilis robot untuk menunjang operasional di rumah sakit.

Baca Juga: Siapa Pembawa Obor Olimpiade Musim Dingin 2018? Tentu Saja Robot!

Perusahaan yang berbasis di Toyota, Aichi, Jepang ini diketahui tengah mengembangkan robot yang nantinya akan ditempatkan di sebuah rumah sakit di Jepang. Tidak hanya satu, melainkan ada beberapa robot yang kelak akan membantu operasional di rumah sakit terkait.

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman irishnews.com (3/1/2018), perusahaan yang didirikan oleh Kiichiro Toyoda ini akan mengirimkan sejumlah robot yang akan bersanding dengan manusia, dengan tujuan untuk meringankan beban pekerjaan para suster yang bekerja di shift malam.

Mayoritas, robot-robot ini akan bekerja pada malam hari. Sebagian robot akan ditugaskan untuk mengirim sample kepada para suster, sedangkan sisanya akan bertindak sebagai pengantar obat kepada para pasien.

Menurut laman sumber, empat robot akan ditempatkan di Nagoya University Hospital antara pukul 17.00 hingga pukul 08.00, dimana pada jam tersebut tenaga medis yang bertugas tidak sebanyak di siang hari.

Robot-robot ini akan dilengkapi dengan kamera dan radar untuk memudahkan navigasi mereka selama bertugas, dan mereka juga akan diprogram untuk mengetahui denah rumah sakit secara keseluruhan, sebelum akhirnya mereka kembali ke ‘markas’ untuk di charge.

Tidak cukup sampai di situ, budaya Jepang yang terkenal ramah juga turut diterapkan pada robot-robot ini. Sebuah personalisasi khusus yang terpasang di robot ini akan memungkinkan mereka untuk menyapa setiap orang yang berpapasan dengannya. Ditinjau dari segi efektifitasnya, robot-robot tersebut akan mampu untuk mengangkut beban hingga 30kg dengan kecepatan di bawah empat kilometer per jam.

Dalam pengoperasiannya, para tenaga medis akan menggunakan media tablet untuk memanggil dan memerintah para robot. Secara otomatis, salah satu penanda kemajuan jaman ini akan mendatangi si pemberi titah dan menjalankannya sesuai dengan apa yang sudah diperintahkan sebelumnya.

Rencananya, Nagoya University Hospital akan menempatkan robot-robot ini di instalasi bedah intensif, apotek, dan laboratorium klinis dengan masa uji coba selama satu tahun. Untuk mengapresiasi perusahaan penyedia robot tersebut, Nagoya University Hospital berjanji akan mempromosikan kinerja robot kepada rumah sakit lain jika uji coba yang dilakukan tidak mengalami kendala. Dengan kata lain, langkah yang dijanjikan Nagoya University Hospital tersebut akan membuka peluang Toyota untuk menjalin kerja sama dengan rumah sakit lainnya.

Baca Juga: Sambut Olimpiade Musim Dingin, LG Hadirkan Dua Robot Canggih di Bandara Incheon

Memang, belakangan ini kita sudah sering sekali mendengar penggunaan robot di berbagai fasilitas publik. Tidak perlu jauh-jauh membandingkan dengan penggunaan robot di Negeri Paman Sam, dalam rangka mempersiapkan Olimpiade Musim Panas 2020 yang diadakan di Tokyo mendatang, Jepang juga diketahui tengah mengembangkan beberapa buah robot untuk melancarkan perhelatan olahraga internasional tersebut.

Bergeser sedikit ke negara penghasil musik K-Pop, Korea Selatan juga disinyalir menggunakan tenaga robot untuk membantu pengoperasian di Bandara Internasional Incheon.