Toyota Motor Europe dan CaetanoBus Siap Luncurkan Bus Bertenaga Hidrogen

0
H2.City Gold. Sumber: autocarpro.in

Manufaktur otomobil asal Benua Biru Toyota Motor Europe dan CaetanoBus dikabarkan baru saja meluncurkan bus kota baru yang hadir dengan menggunakan teknologi bahan bakar dari Toyota pada pagelaran Busworld 2019 di Brussels. Pihak Toyota mengatakan bahwa bus bertenaga bahan bakar hidrogen bernama H2.City Gold tersebut akan mulai diproduksi di Portugal pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga: Bus Tingkat Bertenaga Hidrogen Meriahkan Asian Games 2018

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman autocarpro.in (21/10), adapun pihak Toyota Motor Europe dan CaetanoBus telah mengembangkan bus ini sejak tahun 2018 silam, sembari menunjukkan kemampuan adaptasi yang baik dari teknologi bahan bakar hidrogen yang dikembangkan oleh Toyota. Penggunaan bahan bakar hidrogen yang dipasang Toyota pada bagian atap bus ini akan memungkinkan bus menempuh jarak sejauh 400km – tergantung pada siklus pemakaian hingga penggunaan AC).

Toyota menempatkan lima tangki hidrogen di atap kendaraan, dimana kelimanya ini memberikan total kapasitas hidrogen hingga mencapai 37,5kg dan itu akan menjamin pengoperasian bus dari Toyota Motor Europe da CaetanoBus yang bebas emisi dan tentu saja ramah lingkungan – adapun satu-satunya emisi yang dihasilkan oleh H2.City Gold ini adalah uap air. Menurut pihak Toyota, bus ini akan terus dikembangkan dan melakukan serangkaian uji coba sebelum pada akhirnya memasuki masa komersialisasi pada pertengahan tahun 2020 mendatang.

“Sesuai dengan visi kami, dimana kami akan terus mengembangkan kendaraan bebas emisi tidak hanya pada kendaraan penumpang saja, melainkan juga pada kendaraan berbobot besar seperti bus, truk, forklift, dan truk kecil,” ujar salah satu eksekutif yang ada di Toyota Motor Europe.

“CaetanoBus merupakan mitra yang ideal untuk memulai pengembangan kegiatan penjualan powertrain kami di Eropa. Saya berharap dapat menerima umpan balik pasar dari inisiatif ini dan perluasan bisnis pasokan teknologi sel bahan bakar hidrogen kami,” ujar CEO dari Toyota Motor Europe, Dr Johan van Zyl.

Seperti yang sudah diketahui bersama, ini bukanlah kali pertama Toyota Motor Europe bekerja sama dengan CaetanoBus – melainkan hubungan ini sudah terjalin cukup lama, sehingga tidak lah sulit bagi kedua perusahaan ini untuk saling menyatukan visi dan mengembangkan H2.City Gold.

Baca Juga: Palembang Dapat Bantuan Mobil Listrik Hidrogen, Ini Dia Bedanya dengan Mobil Listrik Biasa!

“Kami sudah berhubungan dengan Toyota dalam waktu yang cukup lama, dan dengan hadirnya proyek H2.City Gold ini, diharapkan kota-kota besar yang ada di Eropa bisa kembali memikirkan soal mobilitas di masa yang akan datang yang tidak mengesampingkan kualitas hidup masyarakatnya,” tutur presiden dari Salvador Caetano Industria, Jose Ramos.

Leave a Reply