Tragis! Boeing 737 Southwest Airlines Tabrak Orang Hingga Tewas Saat Mendarat

0
Kerusakan pada pesawat Boeing 737-700 milik Southwest Airlines akibat bertabrakan dengan seseorang di runway bandara Austin, Texas, AS. Foto: Twitter @CBSNews

Maskapai berbiaya rendah (LCC) Amerika Serikat (AS), Southwest Airlines belum lama ini memakan korban. Dalam sebuah penerbangan Dallas – Austin, pesawat Boeing 737-700 dengan nomor registrasi N401WN tanpa sengaja menabrak seseorang di runway 17R Bandara Austin. Tak lama setelah insiden tersebut seseorang yang identitasnya belum diungkap itu ditemukan tewas.

Baca juga: Akibat Penerbangan Sepi dan Parkiran Penuh, Sejumlah Pesawat Rusak Gegara ‘Bersenggolan’

Dikutip KabarPenumpang.com dari aviation24.be, peristiwa bermula saat pesawat Southwest Airlines dengan nomor penerbangan WN1392, 8 Mei lalu, hendak landing di Austin, Texas, pada pukul 8.12 malam waktu setempat. Sebagaimana biasa, pilot melakukan sejumlah prosedur pendaratan.

Namun, tak lama setelah touchdown, di tengah kegelapan, pilot melihat ada seseorang di runway. Pilot sebetulnya sudah melakukan manuver untuk menghindar, namun tabrakan tetap tak terhindarkan. Akibat kejadian tersebut, penerbangan pun sempat tertunda beberapa saat, termasuk pesawat Airbus A220 milik Delta Air Lines yang seharusnya mendarat tak lama setelah Southwest Airlines dan terpaksa harus go around.

Selain itu, benturan yang terjadi juga menyebabkan bagian luar mesin sebelah kiri pesawat penyok dan robek, saking kerasnya benturan. Adapun kondisi korban tidak dijelaskan lebih rinci. Namun diperkirakan tewas dalam keadaan nahas bila melihat dari kerusakan pada pesawat. Kejadian ini masih diselidiki otoritas penerbangan sipil AS (FAA) bersama kepolisian setempat.

“Penerbangan Southwest Airlines WN1392 tiba dengan selamat setelah diizinkan mendarat di landasan 17R di Bandara Internasional Austin-Bergstrom (AUS) malam ini. Pesawat Southwest bermanuver untuk menghindari seseorang yang muncul di landasan 17R tak lama setelah mendarat. Pesawat dengan cepat berhenti, dan pilot melaporkan kejadian itu kepada petugas,” kata Southwest Airlines, dalam sebuah rilis.

Insiden pesawat menabrak seseorang di landasan pacu bukan pertama kalinya untuk Boeing 737. Sebelumnya, seorang pria juga pernah tewas ditabrak pesawat yang akan lepas landas di Bandara Sheremetyevo, Moskow, Rusia, akhir 2018 lalu. Ia diketahui adalah penumpang transit di Moskow setelah terbang dari Spanyol.

Baca juga: Boeing 737-800 dan Bombardier CRJ-1000 Garuda Indonesia Nyaris Tabrakan di Bandara Soekarno-Hatta

Komite Penyelidik Rusia, melaporkan, korban ditabrak pesawat Boeing 737 yang lepas landas menuju Athena, Yunani. Ia tewas dalam kondisi mengenaskan di landasan pacu. Kepala badan pengawas penerbangan Rusia, Alexander Neradko, mengatakan, pesawat yang menabrak dioperasikan maskapai Aeroflot. Akibat kuatnya benturan, jaket, tali sepatu, serta beberapa barang yang dikenakan korban terlepas dan berhamburan di landasan.

Akibat insiden ini, satu dari tiga landasan pacu pesawat ditutup untuk dibersihkan. Jadwal keberangkatan beberapa pesawat Aeroflot pun dijadwal ulang. Tidak diketahui persis mengapa dia bisa berada di landasan pacu. Menurut laporan media lokal, dia sempat dikawal oleh kepolisian bandara menuju pintu boarding untuk melanjutkan perjalanan ke Armenia. Tapi ia memisahkan diri dan menjauh.

Leave a Reply