Train Suite Shiki-Shima Tawarkan Fasilitas Layaknya Hotel Berbintang

train suite shiki shima. Sumber: dailymail.co.uk

Pernahkah Anda menaiki kereta yang memiliki nuansa seperti hotel berbintang, lengkap dengan kasur mewah, bar, dan fasilitas lainnya? Tentu apabila ada kereta semacam ini, perjalanan kita tentu saja tidak akan terasa dan menjadi penuh makna karena beragam fasilitas yang ditawarkan dan Jepang siap untuk mewujudkannya.  Jepang selalu saja punya cara tersendiri untuk menarik hati para pelancong untuk singgah di Negeri Matahari Terbit itu.

Shiki-Shima, merupakan nama kereta yang memiliki fasilitas layaknya hotel berbintang. Kereta rilisan East Japan Railway Company (JR East) ini siap meniti rel di Jepang pada Mei 2017. Kereta Shiki-Shima merupakan sebuah karya dari Ken Okuyama, seorang perancang industri kenamaan asal Jepang sekaligus desainer mobil dengan logo kuda jingkrak, Ferrari.

Sumber: Dailymail.co.uk
Sumber: Dailymail.co.uk

Sungguh tidak bisa dibayangkan bagaimana rasanya menjalankan 2 aktifitas sekaligus, bermalam di hotel mewah dan berkendara menggunakan kereta. “Train Suite Shiki-Shima” menyediakan fasilitas 15 suite dan 2 deluxe suite, serta lounge yang tidak kalah mewah dengan hotel berbintang di seluruh dunia. Desain yang diterapkan pada kereta ini mengadaptasi guratan khas negeri para samurai dengan perabotan seperti lampu, ubin, dan interior lain bergaya modern. Untuk kamar mandi juga di desain sedemikian rupa sehingga hampir serupa dengan kamar mandi Jepang yang identik dengan kolam rendamnya.

sumber: Dailymail.co.uk
sumber: Dailymail.co.uk

Adapun ide dibalik kemegahan kereta ini adalah “A Train You Appreciate the Change in Time and Place” dimana kita akan benar-benar dimanjakan di dalamnya. Untuk usuran perut, Anda tidak perlu khawatir karena di Train Suite Shiki-Shima juga menawarkan berbagai penganan yang menggugah selera. Koki-koki berpegalaman dari berbagai restoran kenamaan di Jepang didatangkan ke kereta ini untuk menyiapkan makanan untuk para penumpangnya.

Sumber: Dailymail.co.uk
Sumber: Dailymail.co.uk

Tidak tanggung-tanggung, pihak kereta mendatangkan seorang chef yang pernah bekerja di Paris. Berdasarkan kutipan dari laman Fast Japan, semua pesiapan yang terkait dengan urusan pangan diawasi oleh Chef Iwasaki, seorang yang pernah juga bertanggung jawab di dapur G8 Hokkaido Toyako Summit pada tahun 2008 silam.

Sumber: Dailymail.co.uk
Sumber: Dailymail.co.uk

Rencananya, kereta tidur mewah ini akan membuka beberapa perjalanan wisata yang akan sulit untuk dilupakan. Bagaimana tidak, Anda dapat melihat lebih dalam kehidupan sehari-hari warga Jepang, bukan hanya di kota-kota besar, tapi kearifan lokal pun akan turut disajikan dalam perjalanan ini lengkap dengan ciri khas dari berbagai daerah tersebut. Tentu saja Anda dapat merasakannya dari dalam kereta ini.

Rute pertama yang ditawarkan oleh pihak kereta berupa tur musim semi dan gugur, dimana para penumpang akan melakukan trip ini selama 4 hari 3 malam. Perjalanan ini diawali dengan berangkat dari stasiun Ueno, Tokyo menuju Nikko. Lalu pada hari berikutnya penumpang akan di bawa menuju Hokadate, Datemombetsu, dan bermalam di Noboribetsu dengan hotel yang sudah diakomodir oleh pihak JR East. Hari ketiga penumpang akan kembali bermalam di kereta dengan rute Higashi, Muroran, Toya, Shin-Hakodate-Hokuto, Aomori dan Hirosaki. Lalu hari terakhir, penumpang akan pulang ke Ueno melawati rute Tsuruoka, Atsumi Onsen, Niitsu, Higashi-Sanjo, dan berakhir di Ueno. Perjalanan ini dikhususkan bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam Jepang lengkap dengan masyarakatnya yang hidup harmonis.

Sementara trip kedua, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan, kebun anggur, dan teknik artistik di sebelah timur Jepang. Rute dari trip kedua ini meliputi perjalanan dari Ueno menuju Obasute via Enzan, lalu pada hari berikutnya penumpang akan dibawa melewati Aizu-Wakamatsu sebelum akhirnya kembali ke Ueno. Pada trip ini, penumpang akan tidur di dalam kereta mewah tersebut.

Dan trip terakhir, wisatawan akan menikmati keindahan dari musim salju di Jepang. Seperti pada trip sebelumnya, wisatawan akan bertolak dari Ueno menuju Matsushima via Shiroishi dan bermalam di kereta. Hari kedua wisatawan akan mengawali perjalanan dari Aomori menuju Hirosaki, dan pada hari terakhir, penumpang akan kembali menuju Ueno melewati Naruko-Onsen.

Walaupun belum ada berita resmi soal biaya yang dikenakan untuk beberapa trip tersebut, namun sempat tersiar kabar mengenai harga trip tersebut. Pengunjung akan dikenakan biaya 350.000 hingga 950.000 yen per trip. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?