Wednesday, July 17, 2024
HomeAnalisa AngkutanTujuh Stasiun Kereta Api dengan Fasilitas Unik di Berbagai Negara

Tujuh Stasiun Kereta Api dengan Fasilitas Unik di Berbagai Negara

Kereta api bukan hanya alat transportasi, tetapi juga cerminan budaya atau sejarah dari suatu negara. Beberapa stasiun kereta api di dunia memiliki fasilitas unik yang membuatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Berikut adalah tujuh stasiun kereta api dengan fasilitas unik di berbagai negara yang bisa Anda kunjungi.

1. Stasiun King’s Cross, London, Inggris
Stasiun King’s Cross di London adalah salah satu stasiun paling terkenal di dunia berkat Platform 9¾ yang menjadi ikonik dalam seri Harry Potter karya J.K. Rowling. Platform ini menjadi tempat dimana para penyihir muda memulai perjalanan mereka ke Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry.

Untuk para penggemar Harry Potter, King’s Cross menawarkan pengalaman unik dengan adanya replika troli yang setengah menembus dinding, memberikan kesan troli tersebut seolah-olah menuju ke platform ajaib. Selain itu, di stasiun di Inggris ini juga terdapat toko resmi Harry Potter yang menjual berbagai macam merchandise, mulai dari tongkat sihir hingga pakaian bertema Hogwarts.

2. Stasiun Kanazawa, Jepang
Stasiun Kanazawa di Jepang terkenal dengan pintu gerbang Tsuzumi yang megah dan desain arsitekturnya yang menggabungkan elemen tradisional dan modern. Pintu gerbang ini menyerupai drum tradisional Jepang. Di dalam stasiun, terdapat taman nasional Jepang yang indah dengan kolam, air terjun, dan berbagai tanaman khas. Taman ini memberikan suasana yang tenang dan menyegarkan bagi para penumpang kereta.

Selain itu, stasiun ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti pusat perbelanjaan dan restoran yang menawarkan berbagai macam kuliner khas Jepang. Anda harus mencobanya saat berkunjung kesana.

3. Stasiun Helsinki, Finlandia
Stasiun Helsinki di Finlandia adalah salah satu contoh terbaik dari arsitektur Art Nouveau. Bangunan ini dirancang oleh Eliel Saarinen dan dibuka pada tahun 1919. Fasad stasiun yang megah dihiasi dengan patung-patung penjaga granit yang memegang bola lampu memberikan tampilan yang kuat dan kokoh.

Bagian dalam stasiun pun tak kalah menawan dengan dekorasi khas Art Nouveau yang elegan dan artistik. Stasiun ini juga menjadi pusat transportasi utama di Helsinki, menghubungkan berbagai rute kereta api domestik dan internasional.

4. Stasiun Atocha, Madrid, Spanyol
Stasiun Atocha di Madrid bukan hanya stasiun kereta api, tetapi juga rumah bagi semua taman tropis yang luas. Taman ini berada di dalam bangunan stasiun dan mencakup area lebih dari 4.000 meter persegi.

Terdapat lebih dari 7.000 tanaman dari 260 spesies yang berbeda di dalam taman ini, menciptakan suasana hijau dan segar di tengah keramaian kota. Selain itu, stasiun ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti restoran, pusat perbelanjaan, dan area duduk yang nyaman untuk menunggu kereta.

5. Stasiun Tanggula, Tibet, China
Stasiun Tanggula di Tibet berada di ketinggian 5.068 meter diatas permukaan laut. Stasiun ini merupakan bagian dari jalur Kereta Api Qinghai-Tibet, yang menghubungkan kota-kota di China dengan Lhasa, ibukota Tibet.

Karena ketinggiannya yang ekstrim, stasiun ini dilengkapi dengan fasilitas khusus seperti sistem oksigen tambahan untuk membantu penumpang beradaptasi dengan ketinggian. Pemandangan di sekitar stasiun ini juga sangat menakjubkan, yaitu pegunungan bersalju dan lanskap alam yang spektakuler.

Tanggula, Stasiun Terbengkalai di Atas Awan

6. Stasiun Grand Central, New York, AS
Stasiun ini terkenal karena keindahan arsitekturnya. Langit-langit stasiun ini dihiasi dengan lukisan rasi bintang yang menakjubkan, memberikan suasana yang magis dan artistik.

Selain itu, stasiun ini juga dikenal dengan pasar makanan gourmet yang menawarkan berbagai pilihan kuliner dari seluruh dunia. Pasat makanan ini menjadi tempat yang populer bagi penduduk lokal maupun wisatawan untuk mencicipi makanan lezat sebelum melanjutkan perjalanan dengan kereta. Stasiun ini telah dilengkapi dengan lift penumpang untuk memastikan aksesibilitas bagi semua penumpang, termasuk mereka yang membawa barang bawaan, penumpang dengan disabilitas, dan orang tua dengan anak-anak.

Inilah Grand Central Terminal, Stasiun Kereta Terbesar di Dunia, Punya 67 Line!

7. Stasiun Semarang Tawang, Indonesia
Stasiun Semarang Tawang di Indonesia adalah salah satu stasiun tertua dan paling bersejarah di negara ini. Stasiun ini dibangun pada masa kolonial Belanda dan memiliki arsitektur khas Belanda yang elegan dan klasik. Selain melayani penumpang, stasiun ini juga memiliki sebuah museum kecil yang menampilkan berbagai artefak dan informasi tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Museum ini menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi mereka yang ingin tahu lebih dalam tentang perkembangan transportasi kereta api di Indonesia. Stasiun ini juga memiliki fasilitas modern seperti ruang tunggu dan kios-kios penjual makanan.

Yang Unik dari Stasiun Tawang, Alunan Gambang Semarang Gantikan Bunyi Bel

Stasiun-stasiun kereta api di berbagai negara ini menunjukkan betapa beragamnya cara negara-negara merancang dan menggunakan stasiun mereka lebih dari sekadar tempat transit.

Dengan fasilitas-fasilitas unik yang diberikan, stasiun-stasiun ini tidak hanya memudahkan perjalanan tetapi juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para penumpang. Fasilitas pendukung pada setiap stasiun ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang datang.

Apakah Anda pecinta arsitektur, penggemar Harry Potter, atau hanya seseorang yang mencari tempat menarik untuk dikunjungi? Stasiun-stasiun ini patut untuk dimasukkan dalam daftar kunjungan Anda selanjutnya. (Arumka – Kontributor)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru