[Video] Di Jalur Kereta ini, Anda Bisa Rasakan Sensasi Terhempas Ombak

Dawlish Station. Sumber: Wikipedia

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya jika sebuah kereta yang Anda tumpangi melintasi bibir pantai? Wah, mungkin yang pertama kali terbesit di pikiran Anda adalah pemandangan yang indah nan romantis ya! Namun apa jadinya jika pantai yang Anda lalui tersebut berpotensi untuk menciptakan sebuah gelombang besar yang sewaktu-waktu bisa saja membahayakan perjalanan Anda? Alih-alih mau romantis, malah berubah jadi sebuah perjalanan yang memicu adrenalin.

Baca Juga: Dari Mulai Tanjakan, Hingga Jembatan, 10 Jalur Ekstrim Ini Ada Di Indonesia

Ya, bagi Anda yang penasaran dengan deskripsi perjalanan kereta di atas, Anda mungkin bisa mengujungi Devon, Inggris, dimana di sana Anda akan menemukan Stasiun Dawlish. Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, stasiun yang berada di bawah otoritas Teignbridge ini tepat berada di pesisir laut yang hanya dibatasi oleh tembok saja. Wow, cukup ekstrem bukan?

Stasiun Dawlish sendiri merupakan bagian dari Exeter – Plymouth Line, atau yang biasa disebut South Devon Main Line, merupakan sebuah jalur kereta bagian tengah antara London Paddington dan Penzance yang berada di Inggris bagian selatan.

Karena lokasinya yang benar-benar berada di bibir laut, maka baik stasiun berkode DWL maupun jalur keretanya kerap kali mengalami kerusakan akibat badai maupun terpaan ombak. Ya, sifat korosif yang dihasilkan oleh air laut memang dapat merusak komponen rel yang notabene terbuat dari besi.

Stasiun Dawlish sendiri dibuka oleh South Devon Railway pada 30 Mei 1846. Mulanya, stasiun ini hanya memiliki satu platform saja, dengan garis loop yang lebih dekat ke arah laut. Namun 12 tahun berselang, pihak operator lalu menambahkan satu platform lagi – tepatnya pada 1 Mei 1858.

Tercatat, ada dua insiden mematikan yang pernah terjadi di stasiun ini. Pertama pada 22 September 1921, dimana kereta penumpang tujuan Plymouth – Crewe bertabrakan dengan kereta barang Exeter St Davids – Newton Abbot yang tengah lansir di Stasiun Dawlish.

Baca Juga: “Mauritania Railway,” Inilah Jalur Kereta Ekstrem yang Belah Gersangnya Gurun Sahara

Lalu pada 4 Februari 2014, Stasiun Dawlish sempat mengalami kerusakan hebat pasca diterjang oleh angin kencang dan gelombang laut yang besar. Sekitar 40 meter dinding laut dan ballast rel hanyut oleh sapuan gelombang air laut yang ganas. Membutuhkan waktu tepat dua bulan lamanya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Bagi Anda yang penasaran dengan ekstremnya stasiun dan jalur ini, berikut KabarPenumpang.com cantumkan video yang bisa bikin jantung Anda dag-dig-dug!