(Video) Pendaratan Mulus di Bandara Cristiano Ronaldo, Bandara Paling Berbahaya di Dunia

0
Bandara Internasional Cristiano Ronaldo, Madeira, Portugal. Lintas Atjeh

Terlepas dari keindahan Pulau Madeira, Portugal, tanah kelahiran bintang sepak bola kenamaan dunia, Cristiano Ronaldo, tersebut pasti membuat siapapun yang berkunjung ke sana (menggunakan pesawat) takut sejadi-jadinya.

Baca juga: Inilah Bandara Yakutsk, Bandara dengan Suhu Terdingin di Bumi

Betapa tidak, alih-alih mendarat di bandara besar nan aman, Pulau Madeira justru menawarkan bandara dengan runway pendek dan curam. Sedikit kesalahan sudah pasti akan fatal.

Bandara yang sempat berganti-ganti nama ini, mulai dari Bandara Saint Chatarina, Bandara Funchal, dan terakhir Bandara Internasional Cristiano Ronaldo, pertama dibuka tahun 1964 dengan dua landasan pacu sepanjang 1600 meter. Runway di sini juga diketahui beberapa kali direnovasi dan diperpanjang.

Kendati demikian, tetap saja, mendarat di sini bukan suatu hal yang menyenangkan, apalagi bila cuaca sedang tidak bersahabat. Lain cerita bila cuaca cerah dan angin tak berhebung kencang. Seperti pada video pendaratan pesawat yang satu ini.

Dilansir republicworld.com, seorang pilot yang tak diketahui namanya, sukses mendaratkan pesawat kecil dengan mulus di Bandara Internasional Cristiano Ronaldo.

Dalam video cockpit review yang diunggah di kanal YouTube Epic Madeira ini terlihat pilot melakukan approach dengan begitu tenang. Perlu diketahui, hanya pilot-pilot berpengalaman yang diizinkan mendarat di sini mengingat bandara ini merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia.

Usai pesawat semakin turun dan semakin mendekati bibir pantai, pesawat mulai dihempas angin. Tetapi, itu masih tergolong normal dibanding crossing wind di bandara lain atau di bandara yang sama namun dalam kondisi cuaca ekstrem.

Pesawat pun lanjut mengambil posisi sejajar dengan runway, touchdown, dan perlahan berhenti jauh sebelum ujung runway. Sangat-sangat mulus.

Meski begitu, bandara paling ekstrem di dunia ini bukan berarti tidak pernah terlibat kecelakaan. Bahkan bisa dibilang cukup banyak terjadi kecelakaan sejak bandara pertama kali dibuka.

Salah satu yang paling fenomenal adalah kecelakaan pada 1980, dimana pesawat Boeing 727 yang terbang dari Brussel jatuh di ujung landasan saat akan mendarat dan menewaskan 131 penumpang. Sejak adanya kejadian itu, landasan pacu ini diperpanjang dengan sanggahan 150 tiang beton penopang.

Di luar itu, kecelakaan sering terjadi dengan jumlah korban tewas cukup beragam. Pada 5 Maret 1973, tidak lama setelah bandara ini di buka, sebuah Aviao Sud Caravelle 10R (Registrasi EC-BID) masuk ke laut dan menewakan tiga orang kru.

Empat tahun kemudian, tepatnya 19 November 1977, TAP Portugal perbangan 425, Boeing 727-200 terbang Brussels ke Madeira via Lisbon.

Baca juga: Farrenberg Airfield, Bandara Ekstrem di Atas Awan

Setelah berputar, pesawat mencoba mendarat dalam keadaan cuaca yang buruk, pesawat mendarat panjang pada landasan pacu 24 dan terjun melewati tepian yang curam. Kemudian menabrak sebuah jembatan batu dan sayap kanannya rusak, lalu menabrak keras ke sebuah pantai. Api membakar pesawat dan menewaskan 131 penumpang dari 164 penumpang di dalamnya.

Ditahun yang sama tepatnya sebulan kemudian pada 18 Desember 1977, SA de Transport Aérien Penerbangan 730 di perbolehkan oleh pihak bandara untuk mendekati landasan pacu, sayangnya ketinggian pesawat tersebut dibawah 720 kaki dan menyebabkan pesawat menghantam laut, serta menewaskan 36 penumpang.