[Video] Stasiun Plabuan – Stasiun Aktif di Indonesia yang Berdiri Kokoh di Tepi Laut Jawa

Sumber: Youtube.com

Tentu Anda semua masih ingat dong dengan Stasiun Dawlish di Inggris? Ya, stasiun yang bisa dikategorikan sebagai salah satu stasiun ekstrem ini terkenal akan medannya yang berada persis di pesisir laut. Dengan segala keindahan dan ancaman terpaan ombak kencang, stasiun ini kerap didatangi oleh wisatawan mancanegara yang penasaran dengan kengerian yang disajikan. Nah, siapa sangka, stasiun semacam ini juga ada di Indonesia, lho! Jadi, tidak usah jauh-jauh ke luar negeri dulu untuk melihat stasiun nan romantis ini.

Baca Juga: [Video] Di Jalur Kereta ini, Anda Bisa Rasakan Sensasi Terhempas Ombak

Seperti yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, adalah Stasiun Plabuan, stasiun yang digadang-gadang mirip dengan Stasiun Dawlish yang ada di Inggris. Stasiun ini sendiri terletak di tepi Pantai Celong, Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Banyak warganet di luar sana yang merekomendasikan tempat ini sebagai lokasi untuk foto-foto – kalau bahasa jaman sekarangnya adalah Instagramable.

Sedikit berbeda dengan Stasiun Dawlish, Stasiun Plabuan ini tidak dilengkapi dengan tembok pembatas, hanya bermodalkan dataran yang sedikit lebih tinggi saja untuk mencegah air laut merangsek naik ke rel. Namun dari segi ‘keganasannya’ saja, Pantai Celong tidaklah se-galak pantai di sisi Stasiun Dawlish, dimana ombaknya bisa dengan gagah menerjang tembok pembatas rel.

Stasiun Plabuan sendiri merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang masuk ke dalam Daerah Operasi IV Semarang. Tidak seperti kebanyakan stasiun, Stasiun ini diberi nama menurut dukuh (pemimpin wilayah administratif di bawah Kelurahan) tempat stasiun ini berada. Stasiun Plabuan memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 1 merupakan sepur lurus arah Cirebon–Jakarta dan jalur 3 merupakan sepur lurus arah Semarang–Surabaya. Sedangkan jalur 2 terhubung dengan sepur badug di kedua ujungnya.

Baca Juga: Dari Mulai Tanjakan, Hingga Jembatan, 10 Jalur Ekstrim Ini Ada Di Indonesia

Karena letak geografisnya, stasiun ini menyandang predikat sebagai satu-satunya stasiun kereta aktif yang terletak persis di pinggir pantai (Laut Jawa). Sebagai informasi tambahan, tidak ada kereta api yang berhenti di stasiun ini, kecuali jika terjadi persusulan antar kereta.