Viral! Drone Rekam Detik-Detik Airbus A380 Take-Off dari Jarak Kurang dari 100 Meter!

Sumber: dronedj.com

Dewasa ini, perpaduan teknologi drone dan pengambilan gambar di dunia fotografi memang tengah naik daun. Dengan memasangkan kamera pada sebuah drone dan lalu diterbangkan, maka si empunya kamera dapat mengembangkan ide gilanya untuk mengambil sebuah pemandangan dari sudut yang baru. Namun apa jadinya jika teknik pengambilan gambar seperti ini malah ‘menebar teror’ bagi dunia aviasi global?

Baca Juga: Lagi, Insiden Drone Tabrak Pesawat Komersial Kembali Terulang

Baru-baru ini isu tersebut tengah ramai diperbincangkan oleh sebagian kalangan, dimana sebuah drone hampir saja tertabrak oleh pesawat penumpang terbesar saat ini, Airbus A380. Berdasarkan lansiran KabarPenumpang.com dari laman eturbonews.com (21/7/2018), kejadian ini terjadi di Plaine Magnien Airport, Pulau Mauritius, Afrika Timur. Tidak diketahui pasti kapan kejadian ini terjadi, namun diketahui, pesawat Emirates yang ada pada rekaman tersebut merupakan penerbangan reguler menuju Dubai dengan nomor registrasi EK702.

Dalam video berdurasi dua menit tersebut, tampak dua buah pesawat tengah berada di runway Plaine Magnien Airport. Satu pesawat baru saja landing dan tengah bertolak menuju terminal, sedangkan satunya lagi tengah bersiap untuk take-off. Ketika runway sudah kosong, seketika Emirates EK702 langsung memacu kecepatan dan lepas landas.

Jika diperhatikan, beberapa saat sebelum EK702 lepas landas, drone sempat melakukan zoom-in dan zoom-out beberapa kali dan bergerak mendekati jalur pesawat. Ketika pesawat yang mampu mengangkut lebih dari 500 penumpang ini sudah sepenuhnya berada di udara, posisi drone ternyata semakin dekat dengan pesawat – entah hal tersebut disengaja oleh si pengendali drone atau tidak.

Hingga pada titik terdekat, nampak jarak wingtip EK702 mungkin hanya berjarak kurang dari 100 meter saja dengan drone tersebut. Beruntung, kedua maskot perkembangan teknologi ini tidak saling bersinggungan. Kendati begitu, beredar luasnya video ini di media sosial Facebook sempat menuai pro dan kontra. Pasalnya, ada sebagian orang yang menyebutkan bahwa menerbangkan drone di sekitar bandara merupakan hal ilegal, sedangkan yang lainnya berpendapat bahwa lokasi pengambilan gambar tersebut sudah berada di luar zona aman bandara.

Baca Juga: AirMap, Platform Pengatur Lalu Lintas Drone di Udara

Merujuk pada sejumlah peraturan yang diterbitkan oleh Federal Aviation Administration (FAA), adapun aturan yang mungkin disalahi oleh si empunya drone ini adalah menerbangkan drone lebih dari 122 meter di atas permukaan tanah. Karena tampak dalam video tersebut, drone berada di ketinggiaan lebih dari batas yang diizinkan oleh FAA.

Terlepas dari itu semua, video ini pertama kali diunggah oleh Kapten penerbangan Airbus A380 dari maskapai Air France, Thierry Paris di laman Facebook pribadinya. Dilihat dari keterangan yang melengkapi postingannya tersebut, Thierry nampak geram dengan ulah si penerbang drone. “Ini merupakan hal gila yang dilakukan oleh seseorang di Mauritius. Hallo Flight Safety!!” tulis Thierry bernada menyindir.