Viral! Ini Alasan Mengapa Pramugari ‘Pelototi’ Setiap Penumpang Pesawat

0
Pramugari asal AS, Kat Kamalani saat berbagi rahasia seputar pramugari dalam penerbangan. Foto: TikTok katkamalani

Sebuah video dari Kat Kamalani viral di media sosial TikTok. Video itu menjelaskan alasan mengapa pramugari manapun di dunia umumnya memperhatikan penumpang dengan detail dan seksama saat hendak masuk ke dalam pesawat.

Baca juga: Viral! Cerita Pramugari Tangani Penumpang Meninggal di Pesawat, Bikin Ngeri

Sebelum penumpang masuk pesawat, melewati lorong dan duduk di kursi sesuai yang tercantum di tiket, pramugari memang mempunyai kesempatan pertama untuk memperhatikan setiap penumpang. Itu terjadi pada momen pramugari mengecek kecocokan identitas penumpang dengan nama yang tertera di tiket.

Sambil memberikan senyum terbaik dan mengecek tiket serta identitas, di sini, pramugari juga memperhatikan gerak-gerik penumpang, gaya berpakaian, serta hal lain yang bisa mencirikan siapa dan bagaimana latar belakang pekerjaan penumpang tersebut.

Tak hanya ketika menyambut penumpang di pintu masuk pesawat, kesempatan kedua untuk mengetahui latar belakang penumpang datang saat pramugari mondar-mandir di lorong. Kendati terlihat seperti sedang melakukan hal lain, di momen ini, pramugari ternyata juga tak luput untuk memperhatikan gerak-gerik penumpang dan apa latar belakang pekerjaan penumpang.

Menurut pramugari asal Amerika Serikat (AS) yang membagikan video tersebut, prosedur itu disebut sebagai A.B.P check atau Able Body Person.

@katkamalani

You would never guess the last part… #secretsrevealed #traveler #momsontiktok #flightcrew #travelhacks

♬ SUNNY DAY – Matteo Rossanese

“Pernahkah Anda berjalan di pesawat dan melihat pramugari berdiri di sini, menyapa Anda, atau pramugari berjalan mondar-mandir di lorong?,” ujar Kat Kamalani dalam video viral di TikTok.

“Baiklah, aku akan memberitahumu apa yang sebenarnya kami lakukan,” tambahnya, seperti dikutip dari mirror.co.uk.

Dalam video viral tersebut, ia melanjutkan, “Jadi ketika Anda berjalan di pesawat dan Anda melihat wajah kami yang bahagia dan tersenyum, kami benar-benar melihat Anda dari atas ke bawah, kami mencoba menemukan A.B.P check atau our able-bodied people or person. Jadi inilah orang-orang yang akan membantu kami dalam keadaan darurat.”

“Jadi misalnya, personel militer (tentara), petugas pemadam kebakaran, perawat, dokter. Jadi dalam keadaan darurat, seperti keadaan darurat medis, atau kami akan mendaratkan pesawat, atau ada pelanggaran keamanan, kami tahu siapa yang ada di pesawat kami dan kami tahu siapa dapat membantu kami, tetapi kami juga melihat satu hal lagi,” jelasnya.

“Kami sedang mencari benda-benda yang tidak cocok dengan pesawat, seperti kotak berisi cairan di sampingnya,” katanya.

Baca juga: Viral di TikTok Pramugari Umbar Fakta Penghasilan

Kat juga membocorkan terkait apa yang dilakukannya itu saat melakukan ABP check. “Kami sedang mencari perdagangan manusia, ini sering terjadi di industri (penerbangan) dan keselamatan penumpang kami adalah prioritas nomor satu kami. Jadi kami hanya mencari hal-hal yang terlihat menarik,” pungkasnya.

Hingga kini, video viral pramugari tersebut sudah ditonton lebih dari 2,2 juta kali, mendapat ribuan komentar dan like serta juga sudah ribuan kali dibagikan.

Leave a Reply