Virgin Trains Kembangkan Fitur Komunikasi Canggih Untuk Penumpangnya

Sumber: Mynewsdesk

Ada saja memang terobosan yang dilakukan oleh operator layanan transportasi dalam mencuri perhatian publik – sebut saja Virgin Trains yang diketahui baru-baru ini bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Vodafone dan Open Market, sebuah mobile messaging specialist dalam mengembangkan fitur Rich Communications Services (RCS) di dalam layanannya.

Baca Juga: Ikuti Jejak MRT Jakarta dan GoJek, Virgin Trains Bermitra dengan Uber

Ya, sesuai dengan namanya, ini merupakan fitur percakapan untuk penumpang Virgin Trains. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railwaygazette.com (31/8/2018), fitur percakapan ini berbeda dengan SMS yang berbasis teks, melainkan memungkinkan pihak Virgin Trains untuk mengirim foto, video, audio, dan pesan teks menggunakan tombol easy-to-select kepada para penumpang.

Adapun cara kerja dari fitur ini adalah pihak Virgin akan mengirimkan pesan kepada penumpang pengguna smartphone sekitar 10 menit sebelum kereta tiba di stasiun. Isi pesan tersebut adalah informasi pembaruan layanan dari London Underground, dimana ada sebuah menu yang akan menampilkan informasi lebih detail semisal ditekan oleh penumpang. Sebagai ajang uji coba, pihak Virgin baru akan menerapkan fitur ini di kereta yang bertolak menuju London Euston.

CEO OpenMarket, Jonathan Morgan memaparkan tiga alasan utama dibalik hadirnya fitur lanjutan dari layanan pesan berbasis teks biasa. “Pertama, ini akan memudahkan penumpang untuk memberikan feedback – hanya tinggal memencet tombol. Kedua, kami tidak memerlukan aplikasi percakapan pihak ketiga, karena fitur ini akan menambah fungsionalitas dari kotak masuk yang biasa diakses oleh penumpang. Ketiga adalah keabsahan dari pesan yang dikirim oleh operator – dimana hal ini akan meningkatkan rasa aman penumpang,” paparnya.

Dengan hadirnya fitur ini, Jonathan beranggapan bahwa RCS merupakan cara baru untuk berkomunikasi dengan para pengguna jasa Virgin Trains. Pernyataan tersebutpun diamini oleh Kepala Petugas Informasi Virgin Train, John Sullivan. “Kami sangat bersemangat untuk berinvestasi dalam teknologi baru yang akan mengubah cara kami berkomunikasi dengan pelanggan kami,” ungkap John.

Baca Juga: Sambut Pengoperasian, MRT Jakarta Rilis Mobile Application dan Maskot nan Lucu!

“Mengingat ini merupakan tahap awal, maka ke depannya yang kami harapkan adalah pengembangan fitur RCS ini di keseluruhan jaringan Virgin Trains,” tambahnya.

Mungkin, fitur RCS ini agak sedikit mirip dengan mobile application MRT-J milik PT MRT Jakarta – dimana fitur pembeberan informasi terkait perjalanan juga dapat Anda temui di dalam aplikasi MRT-J ini. Kendati tidak sama persis, namun tujuan kedua perusahaan beda negara ini tetap sama – memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya.