Virus Corona Justru Bikin Bandara Terpencil Ini Jadi yang Tersibuk di Dunia

0
Bandara Internasional Ted Stevens Anchorage (ANC), Negara Bagian Alaska, Amerika Serikat (AS) jadi bandara tersibuk di dunia pada 25 April lalu. Foto: Airways Magazine

Wabah virus corona membuat lalu lintas penerbangan dunia anjlok. Menurut FlightRadar24.com, lalu lintas udara total pada bulan April turun 62 persen dan lalu lintas penerbangan komersial turun 73,7 persen dibanding periode yang sama di 2019 . Pada April 2020, hari tersibuk di langit terjadi pada tanggal 28, dengan 80.714 penerbangan. Namun tetap saja jauh tertinggal bila dibandingkan dengan 17 April 2019 dengan 203.239 penerbangan.

Baca juga: ‘Berkat’ Wabah Corona, Boeing 787 Dreamliner Air Tahiti Nui Pecahkan Rekor Penerbangan Terjauh

Penurunan traffic juga terjadi di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta. Pekan ini, pemegang gelar bandara tersibuk di dunia dua tahun berturut-turut pada 2018 dan 2019 (107 juta penumpang) tersebut tercatat turun 77 persen. Begitu juga dengan bandara tersibuk lainnya di Dubai, London, Beijing, Los Angeles, Tokyo, dan Hong Kong. Semuanya terkoreksi turun.

Anehnya, di tengah penurunan tajam di banyak bandara di dunia, bandara di Anchorage, Negara Bagian Alaska, Amerika Serikat (AS) justru mengalami lonjakan. Bahkan jauh melampaui kapasitas normalnya. Namun, tetap saja, bukan penerbangan penumpang, melainkan penerbangan kargo.

“Pada hari Sabtu (25 April), Bandara Internasional Ted Stevens Anchorage (ANC) adalah bandara tersibuk di dunia untuk operasi pesawat. Ini menunjukkan betapa signifikannya sistem penerbangan global telah berubah dan menyoroti pentingnya peran kita dalam ekonomi global dan memerangi pandemi Covid-19,” tulis ANC dalam sebuah cuitan di Twitter, seperti dikutip KabarPenumpang.com dari Forbes.

“ANC mampu mencapai status nomor satu (jadi bandara tersibuk di dunia) karena penerbangan kargo, bukan penerbangan penumpang. Sementara maskapai lain memangkas penerbangan di bandara lain, ANC mampu mempertahankan dan agak meningkatkan penerbangan berkat kebutuhan kargo di seluruh dunia,” ujar salah seorang eksekutif bandara.

Dalam keadaan normal, selain menjadi pusat lalu lintas pesawat amfibi dunia atau seaplane, ANC biasanya merupakan bandara kargo tersibuk kelima di dunia dan bandara kargo tersibuk kedua di AS. . Ini karena hak pemindahan kargo khusus dan lokasi strategis berada persis di tengah antara Asia dan Amerika Utara. Belakangan, penerbangan kargo memang meningkat dan tak terpengaruh dengan wabah virus Cina. Bandingkan dengan penerbangan penerbangan penumpang yang berada di posisi puluhan dalam daftar bandara tersibuk di dunia dengan hanya melayani 5 juta penumpang setiap tahun.

Baca juga: Kargo di Kabin Penumpang Bikin Pramugari Beralih Fungsi Jadi ‘Petugas’ Pemadam Kebakaran

Menurut Ian Petchenik, Direktur Komunikasi FlightRadar24.com, ANC beroperasi jauh melampaui kapasitas normalnya dengan muatan penerbangan kargo yang lebih besar dari biasanya. Padahal bandara ini bisa dibilang sedikit terpencil karena hanya bisa dengan mudah diakses lewat udara. Pada hari Sabtu, 25 April, ANC memiliki 948 kedatangan dan keberangkatan pesawat. Bandingkan dengan salah satu bandara tersibuk di dunia lainnya (di tengah pandemi), Bandara Heathrow, London, yang hanya mencatat 682 kedatangan dan keberangkatan pesawat.

Meskipun setiap saat pergerakan penumpang dan kargo bisa sangat dinamis dan kembali menggusur ANC dari daftar bandara tersibuk di dunia pada akhir tahun 2020 mendatang, pihak ANC mengaku akan menerima kenyataan tersebut. Bagaiamanapun keadannya nanti, mereka mengaku akan tetap menikmati status tersebut (sebagai bandara tersibuk di dunia pada 25 Arpil lalu).

Leave a Reply