Virus Corona Merajalela, Apakah Pelancong Bisa Klaim Asuransi Ketika Terjangkit Saat Berlibur?

0

Apakah asuransi kesehatan bisa diklaim ketika bepergian keluar negeri? Biasanya ketika seseorang yang memiliki asuransi dan terserang penyakit serta harus dalam perawatan medis, klaim bisa terjadi. Namun bagaimana bila perjalanan ke daerah terjangkit virus corona seperti di Cina, apakah asuransi bisa diklaim?

Baca juga: Virus Corona Bikin Singapore Airlines Turun Kelas Jadi Maskapai LCC?

KabarPenumpang.com merangkum bbc.com (25/2/2020), Foreign and Commonwealth Office (FCO) di Inggris menyarankan semua kecuali perjalanan penting ke Cina Daratan dan semua perjalanan ke Provinsi Hubei. Jadi, jika Anda melakukan perjalanan dan tiba di sana, berisiko polis asuransi dibatalkan meski bisa berdebat bahwa perjalanan itu penting.

Meski begitu ketika tiba, perlindungan perjalanan mungkin tidak berlaku di Hubei tetapi harus di Cina Daratan lainnya, apalagi jika kedatangan ada kaitannya dengan keperluan yang penting disana. Tak hanya itu, bagaimana dengan Milan di Italia?

Meski Walikota Milan menutup sementara semua sekolah dan universitas sebagai tindakan pencegahan, tetapi saran perjalanan resmi pemerintah Inggris untuk Italia tidak memperingatkan untuk tidak mengunjungi Milan.

Di Italia sendiri bahkan beberapa acara besar seperti karnaval Vensia dan pameran buku Bologna dibatalkan karena virus corona yang kadung tersebar.  Namun jika Anda mendarat di Bandara Malpensa Milan, bersiaplah untuk menjalani pemindaian termal untuk memastikan Anda tidak mengalami demam.

Tetapi, untuk saat ini setidaknya, maskapai masih akan menjual Anda tiket untuk pergi ke sana, karena penerbangan dari Inggris beroperasi secara normal. Namun, sejumlah maskapai mengatakan mereka akan merekomendasikan ulang penumpang yang ingin mengubah penerbangan ke kota lain di Italia secara gratis.

Untuk perjalanan ini, jika FCO belum mengeluarkan peringatan, maka Anda tidak dapat mengharapkan kompensasi dan lebih baik memutuskan untuk membatalkan perjalanan. Su Crown, juru bicara untuk Asosiasi Penanggung Inggris mengatakan, secara umum, penutup pembatalan atau gangguan perjalanan akan aktif ketika FCO menyarankan agar semua perjalanan atau semua kecuali perjalanan penting ke suatu daerah.

Dia mengatakan, sebab asuransi perjalanan tidak dirancang untuk mencakup kecenderungan untuk bepergian dimana saran FCO tidak berubah untuk memberi saran terhadap perjalanan. AXA Inggris, merupakan salah satu asuransi perjalanan terkemuka yang setuju dengan hal itu.

“Sikap kami konsisten dengan saran perjalanan dari Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran. Ketika FCO menyarankan agar tidak bepergian ke suatu negara atau wilayah, orang-orang yang dipesan untuk melakukan perjalanan di sana harus menghubungi maskapai penerbangan mereka atau penyedia perjalanan untuk membatalkan atau menunda dan mengatur pengembalian uang,” kata Nel Mooy, kepala proposisi perjalanan AXA.

Dia mengatakan, para pelancong ini harus menghubungi perusahaan asuransi mereka untuk mendaftarkan klaim. Jika Anda dalam penerbangan ke Italia utara dalam waktu dekat, sepertinya akan beroperasi secara normal.

Baca juga: Asuransi Perjalanan, Antara “Wajib” (Untuk Urus Visa) dan Beragam Manfaatnya

Departemen Luar Negeri Irlandia mengambil garis yang sedikit berbeda dari pemerintah Inggris. Dimana dikatakan, warga disarankan untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah yang terkena dampak. Namun, hal itu menempatkan tanggung jawab pada para pelancong untuk mencari tahu apakah daerah yang mereka kunjungi terpengaruh, menyarankan mereka untuk “berkonsultasi dengan penyedia transportasi dan akomodasi Anda”.

Leave a Reply