Volvo Demonstrasikan Bus Otonom Bertenaga Listrik yang Bisa Keliling Depo!

Sumber: venturebeat.com

Jika selama ini ide tentang pengadaan atau pengembangan dari kendaraan otonom masih berpacu di dalam dapur suatu perusahaan – walaupun sudah ada beberapa yang mulai melakukan uji coba, kali ini produsen otomotif kenamaan asal Swedia, Volvo hadir dengan prototip dari kendaraan yang digadang sebagai moda masa depan ini. Hebatnya lagi, prototip dari bus otonom ini bisa berkendara keliling pabrik juga lho! Keren, bukan?

Baca Juga: Hadirkan Bus Otonom, DeNA Terbentur Regulasi Tentang Bangku Pengemudi

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman venturebeat.com (13/11), demonstrasi dari bus otonom bertenaga listrik ini menunjukkan kemajuan yang sangat pesat. Tidak hanya sekedar berkendara keliling pabrik saja ternyata, bus yang memiliki panjang kurang lebih 12 meter ini sendiri juga bisa melakukan beragam manuver lain, sebut saja atret di antara dua bus lain.

Sumber: venturebeat.com

Dalam sebuah video yang diunggah Volvo, tampak operator akan terlebih dahulu menentukan ‘aksi’ apa yang akan dilakukan oleh bus tersebut. Ketika si operator ini menekan pilihan “drive to wash station”, maka setir akan bergerak sendiri dan bus akan berjalan secara otonom menuju tempat cucian bus. Sebagai informasi tambahan, adapun uji coba ini dilakukan Volvo di depo Keolis – mitra dari Volvo dalam pengembangan bus otonom ini, di luar Gothenburg.

“Ini menandai langkah yang sangat penting dalam pengembangan moda otonom kami, karena kami sekarang telah berhasil menunjukkan manfaat komersial yang dapat diberikan oleh solusi otonom di sebuah depot bus,” ujar Presiden Volvo Buses, Håkan Agnevall.

Begitu pula halnya dengan infrastruktur pengisian daya, dimana Volvo dan Keolis berupaya untuk melakukan prosesnya sehalus mungkin. Adalah OppCharge yang memungkinkan kendaraan seperti bus Volvo untuk bermanuver sendiri ke posisi pengisian tanpa harus menggunakan kabel.

Baca Juga: Sukses Uji Bus Otonom, Singapura Siap Operasionalkan di 3 Distrik Tahun Depan

Jika dilihat dari apa yang sudah didemonstrasikan oleh Volvo, definisi otonom atau nirawak di sini bukanlah berarti sebuah bus tidak dioperasikan oleh tenaga manusia, mengingat manusia masih harus melakukan input data tentang apa yang harus dilakukan oleh bus ini sendiri. Begitu pula halnya dengan keadaan darurat, dimana tenaga manusia masih dibutuhkan untuk menangani situasi tersebut.