Waspada Mual Akibat Aroma Tak Sedap Selama Perjalanan, Cara Tangkal Berikut Layak Dicoba

0
sumber: istimewa

Ada banyak resiko yang mesti Anda dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakan transportasi umum, mulai dari estimasi perjalanan, kepadatan di dalamnya, hingga beragam kemungkinan yang terjadi di dalam moda seperti KRL Jabodetabek dan TransJakarta ini, salah satunya adalah hal-hal yang dapat membuat Anda mual. Bukan karena mabuk perjalanan, tapi mual di sini lebih kepada berbagai hal yang dapat memicu Anda untuk mengeluarkan isi perut, seperti mencium aroma tidak sedap. Berikut, KabarPenumpang.com rangkum bermacam cara untuk melawan rasa mual selama perjalanan, dilansir dari laman wikihow.com.

Baca Juga: Hindari Makanan dan Minum Ini saat Menggunakan Transportasi Umum

Segera Hirup Minyak Angin
Aroma kurang sedap yang ditimbulkan oleh keringat seseorang memang tidak jarang membuat Anda merasa mual selama perjalanan, belum lagi jika penyebar aroma tidak sedap tersebut berada tepat di samping Anda, tentu hal seperti ini akan memperkeruh  suasana. Bagi Anda yang mudah mual karena menghirup ‘wewangian’ tersebut, tidak ada salahnya Anda selalu membawa minyak penghangat seperti minyak angin, kayu putih, atau minyak telon sebagai senjata ampuh untuk melawan aroma tak sedap tersebut.

Jika menghirupnya saja tidak cukup, Anda bisa mengoleskannya di hidung agar udara yang Anda hirup akan ‘tersaring’ oleh aroma minyak tersebut.

Menjauh dari Sumber Bau
Bagi setiap orang yang memiliki masalah dengan produksi keringat berlebih, bukan tidak mungkin keringat yang Anda hasilkan akan membuat sebagian orang di dalam suatu kendaraan menjauh. Ini pula yang disarankan bagi Anda yang merasa mudah mual karena mencium aroma tidak sedap. Berpindah tempat menjadi salah satu jurus ampuh untuk menghindari aroma itu membuat Anda mual. Tentu akan menyiksa bukan jika perjalanan Anda terus dihantui oleh aroma tidak sedap tersebut?

Perbanyak Minum Air Putih
Jika Anda merupakan salah satu orang yang mudah mual akibat menghirup bau yang kurang sedap, ada baiknya Anda menyiapkan minuman khusus yang dapat melawan rasa mual tersebut, seperti air jahe atau minuman lain yang punya rasa rempah yang kuat.

Makan Permen
Menghisap permen dengan rasa pedas seperti mint dipercaya dapat mengusir rasa mual Anda. Tips ini juga niscaya ampuh untuk mengusir rasa mual yang ditimbulkan akibat mabuk perjalanan. Maka dari itu, selalu sediakan beberapa buah permen di tas, sehingga mual tidak akan lagi membuntuti perjalanan Anda.

Ganti Kendaraan
Jika beberapa tips di atas sudah dilakukan atau Anda tidak membawa semua ‘senjata’ yang dapat mengusir rasa mual itu, disarankan Anda untuk turun di pemberhentian terdekat dan ganti kendaraan. Dengan harapan Anda tidak menemukan kasus serupa di armada yang baru.

Baca Juga: Tips Sopan Buang Angin Selama Perjalanan, Intinya Harus Tetap “Dicicil”

Pakai Masker
Usahakan baluri masker Anda terlebih dahulu dengan wewangian yang bisa mencegah Anda mual selama perjalanan. Selain terhindar dari aroma ini, Anda juga bisa meminimalisir polusi yang terhirup lho!

Atur Waktu Perjalanan Anda
Bagi Anda yang sudah mengetahui beragam kemungkinan yang terjadi, ada baiknya Anda mengatur ulang waktu perjalanan Anda. Di pagi hari, Anda bisa berangkat lebih awal agar terhindar dari membludaknya penumpang. Begitupun dengan jam pulang kerja, Anda bisa menunggu sarana transportasi umum tersebut sedikit lengang, sehingga kemungkinan Anda bertemu orang-orang beraroma kurang sedap ini menjadi lebih kecil.

Leave a Reply