Wujudkan Transaksi Cashless, Telkomsel Luncurkan TCASH Pass Untuk BRT Semarang

Smber: Tribun Jateng

Operator seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel telah memperluas penawaran pembayaran digital TCASH. Terbukti dengan upaya yang dilakukan Telkomsel dengan menguji coba layanan pembayaran TCASH Pass untuk moda transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Semarang baru-baru ini.

Baca Juga: Mudahkan Transportasi Warga, Aplikasi Moovit Resmi Hadir di Semarang

Berdasarkan data yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman businessinsider.com (28/8/2017), adapun Telkomsel mengembangkan fitur TCASH Pass ini adalah untuk memenuhi kebutuhan akan pembayaran digital yang cepat dan berkelanjutan di sektor transportasi. Hadirnya teknologi semacam ini memungkinkan penumpang BRT Semarang untuk Tap and Pay. Mereka cukup menempelkan stiker khusus yang terpasang di bagian belakang smartphone mereka ke mesin yang tersedia, sehingga proses pembayaran tersebut akan menjadi lebih mudah dan cepat, tanpa perlu lagi memasukkan nomor PIN.

Layanan ini sendiri mengandalkan teknologi Near-Field Communication (NFC) yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan yang menyediakan perangkat pembayaran mobile global, Youtap. Direktur Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan fitur pembayaran melalui TCASH ini merupakan salah satu upaya yang ditempuh perusahaan tersebut dalam mempercepat pengembangan konsep Smart City. “Selain itu, layanan ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap inisiasi pergerakan non-kas nasional yang diprakarsai oleh pemerintah melalui digitalisasi layanan pembayaran di sektor transportasi,” tukas Sukardi.

Mengamini pernyataan Sukardi, Wakil Presiden Telkom Mobile, Danu Wicaksana menambahkan integrasi Pass TCASH untuk BRT Semarang menjawab semua kebutuhan pelanggan yang ingin menjadikan TCASH sebagai alat pembayaran yang resmi di kehidupan sehari-hari. “Dengan hadirnya TCASH, kami juga berharap agar masyarakat Semarang menjadi masyarakat digital ditengah perkembangan teknologi yang pesat ini,” ungkap Danu.

Sistem pembayaran baru ini ditempatkan di lebih dari 100 armada BRT Semarang. Bus yang hingga kini memiliki enam koridor ini tercatat dapat mengangkut sekitar sembilan juta penumpang setiap tahunnya. Pada pertengahan bulan Agustus kemarin, Telkomsel baru saja meluncurkan layanan ini dalam sebuah acara formal yang turut dihadiri oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, SE, MM.

Baca Juga: Tahun 2020, Singapura Hapuskan Transaksi Tunai Pada Transportasi Berbasis Massal

Dihimpun dari sumber lain, selain Semarang, Bandung juga rencananya akan segera menerapkan pembayaran digital TCASH ini di salah satu moda transportasi andalannya, yaitu DAMRI. Diketahui, hingga saat ini, lebih dari 1,1 juta pengguna layanan TCASH di sekitaran Jawa Barat dan jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

“Kedepannya kami berharap dapat menggandeng Perum DAMRI dalam penguatan ekosistem cashless society, khususnya untuk penerapan transaksi cashless menggunakan TCASH untuk pembayaran tiket perjalanan bus,” ungkap General Manager Sales Regional Jawa Barat Telkomsel, Agustiyono.