Zagreb Funicular – Kereta yang Hanya Ditempuh Satu Menit

0
Zagreb Funicular (CroatiaWeek)

Zagreb merupakan ibukota dari Kroasia yang memiliki penduduk sebanyak 973.667 jiwa pada tahun 2005 lalu. Berada di antara lereng Gunung Medvednica dan Sungai Sava dengan ketinggian 120 meter diatas permukaan laut.

Baca juga: 150 Tahun Trem “Cog” Masih Beroperasi ke Puncak Gunung Washington

Kota ini ternyata memiliki sarana transportasi umum tertua dan pertama di Zagreb. Apa sih transportasi tertuanya? Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, transportasi ini berupa kereta kabel dengan panjang jalur 66 meter. Bisa dikatakan ini adalah kereta kabel terpendek di dunia.

Disebut transportasi tertua dan pertama di Zagreb karena berasal dari tahun 1890-an. Bahkan belum lama ini Zagreb Funicular terpilih menjadi destinasi terbaik di Eropa karena merupakan salah satu yang indah.

Uniknya Zagreb Funicular ini sama sekali tidak pernah mengalami kecelakaan meski sudah ada berabad-abad. Transportasi ini sendiri menghubungkan Jalan Ilica (Donji Grad) dengan Strossmayerovo šetalište (promenade Strossmayer) ke utara (Gornji Grad).

Kereta kabel yang satu ini mungkin juga yang tercepat dalam perjalanannya, sebab dengan panjang 66 meter, hanya dihubungkan dalam waktu satu menit. Zagreb Funicular sendiri berangkat setiap sepuluh menit yang memulai perjalanannya 06.30 pagi dan terakhir di 22.00 malam waktu setempat.

Waktu pertama beroperasi, kereta ini dioperasikan dengan mesin uap serta memiliki tekanan yang sangat rendah serta sering diperbaiki hingga hampir tidak beroperasi separuh waktu. Kemudian tahun 1934 tenaga uap mulai digantikan dengan mesin listrik dan tahun 1969, pengoperasiannya ditangguhkan sementara waktu karena alasan keamanan di mana sistem sudah usang.

Hingga akhirnya direnovasi selama empat tahun setengah dan kembali dioperasikan pada 26 Juli 1974. Kereta ini memiliki dua dua mobil yang masing-masing bisa berisi 28 penumpang dengan 16 kursi dan 12 tempat untuk berdiri. Dengan menempuh waktu satu menit setiap perjalannya, kecepatan kereta kabel ini 1,5 meter per detik.

Bisa dikatakan, Zagreb Funicular bisa dikatakan museum yang beroperasi karena indah dan terawat dengan baik. Bahkan ini juga menjadi simbol kota Zagreb. Zagreb Funicular dilengkapi dengan platform pengangkat hidrolik dan akses jalan. Ini adalah pilihan bagus bagi pengunjung ke Kota Atas.

Baca juga: Jalur Kereta Terpendek di Dunia, Ternyata ada di Vatikan

Stasiun Kota Bawah terletak di jalan Tomićeva, beberapa langkah dari Alun-alun Jelačić. Stasiun Kota Atas berada di bawah Menara Lotrščak. Tiket dapat dibeli oleh pengemudi atau di kios koran mana pun. Untuk dewasa 4 HRK atau Kroasia Kuna sekitar Rp8400, sedangkan untuk anak-anak hingga usia tujuh tahun gratis alias tidak membayar.

Leave a Reply