10 Negara Ini Beri Kemudahan Anda Meraih ‘Permanen Resident’

(FinGlobal)

Tak hanya berkunjung untuk menikmati suatu negara, pelancong juga bisa tinggal dan bekerja di negara tersebut. Meski tak mudah, tetapi hal itu bisa saja dilakukan para pelancong yang ingin merasakan hidup di negara lain.

Baca juga: Bandara Internasional Dubai Buka Tur Keliling Kota, Pemerintah Siapkan Visa Transit

Beberapa negara memang sulit untuk mendapatkan izin tinggal sementara atau menjadi penduduk tetap. Tetapi ada negara yang memudahkan hal tersebut, berikut ini sepuluh negara yang dirangkum KabarPenumpang.com dari laman yang mudah untuk tinggal.

10. Austria
Negara yang memiliki pemandangan indah yakni salah satunya Pegunungan Alpen ini menawarkan sepuluh jenis izin tinggal berbeda. Bila pelancong mampu membelinya, ini memungkinkan memenuhi syarat setidaknya satu dari sepuluh itu. Untuk bermigrasi ke Austria, pelancong diharapkan mendaftar dari negara asal bukan saat berlibur ke Austria sebab membuat pekerjaan atau memiliki pasangan menjadi lebih sulit. Ada pengecualian untuk masyarakat Amerika Serikat dan Uni Eropa yang memenuhi syarat visa-D untuk tinggal di Austria selama enam bulan sebelum mengajukan izin tinggal.

9. Belgia
Untuk mendapatkan residen permanen di Belgia, seorang imigran memerlukan pekerjaan dan biasanya sulit karena sebagian besar negara lebih memilih mempekerjakan penduduk lokal dibandingkan orang luar. Namun Belgia sedikit melonggarkan hal ini, Anda bisa melamar pekerjaan dari negara asal dan bila terpanggil akan ditawarkan izin tinggal dua minggu. Meski awalnya bukan untuk menjadi residen permanen selama bertahan dengan pekerjaan, hal itu bisa terwujud.

8. Belize
Memiliki pohon palem, pantai berpasir dan air sebening kristal, Belize yang berada di antara Meksiko dan Guatemala memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit dari Bakersfield di California. Meski begitu Belize memungkinkan warga asing untuk mengajukan permohonan tempat tinggal permanen setelah satu tahun hidup di sana.

Memasukkan visa pengunjung 30 hari dan perbaharui setiap bulannya sampai berada di sana selama 50 minggu. Biaya hanya US$1000 dan beberapa kelengkapan birokrasi sebelum tinggal selamanya. Jangan lupa memperhatikan kondisi visa pengunjung Anda, sebab beberapa distrik sering meminta pengunjung meninggalkan negara tersebut dua minggu setiap enam bulan dan dengan demikian untuk mengatur masa tinggal persyaratan 50 minggu itu.

Jika berniat bekerja di Belize, Anda juga akan memerlukan izin kerja, setidaknya sampai diberikan izin tinggal permanen. Setelah lima tahun tinggal permanen, Anda dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan.

7. Kanada
Memiliki reputasi negara yang paling ramah di dunia, ini juga terlihat dalam kebijakan imigrasi. Berbeda dengan Amerika Serikat, Kanada baru-baru ini membuka perbatasannya untuk membantu warga negara yang dilanda perang. Sebelum mengundang seseorang tinggal di negaranya, Kanada memiliki kualifikasi profesional, biasanya ini dicari guna memebuhi kebutuhan di negara tersebut.

Anda mungkin dapat memanfaatkan program entri cepat guna mendapatkan persetujuan dalam waktu singkat. Cukup isi formulir online yang memberi penghargaan poin untuk hal-hal seperti tingkat pendidikan, industri tempat Anda bekerja, dan apakah Anda bisa berbahasa Prancis. Hal-hal lain seperti memiliki keluarga di Kanada atau belajar di sana juga dapat membantu.

6. Kosta Rika
Cara hidup yang damai dan santai, biaya hidup di Kosta Rika cukup masuk akal, bila dengan pasangan sebesar U$2500 dan memiliki program pensiunan yang memberikan nilai US$1000 per bulan jika memenuhi syarat. Jika tidak, Anda sebagai imigran membutuhkan pekerjaan untuk mendapatkan jalan menuju residen permanen hingga kewarganegaraan.

5. Ekuador
Biaya hidup di Ekuador sangat rendah dan uang dolar AS menjadi mata uang resmi. Untuk membuat impian menjadi nyata, Anda harus membuktikan setidaknya mampu mendapatkan US$800 per bulan untuk hidup. Jadi, jika Anda memiliki royalti yang dapat diandalkan, pembayaran kompensasi, atau pendapatan non-kerja yang dijamin lainnya, perpindahan ke Ekuador bisa jadi mudah dijangkau.

4. Meksiko
Cara terbaik untuk hidup di Meksiko adalah dengan visa FMM. Ini bisa didapatkan di bandara atau lokasi perbatasan manapun. Anda hanya harus membayar US$21 dan bisa digunakan selama enam bulan yang kemudian di perbaharui terus menerus. Sayangnya Anda tidak bisa bekerja dengan visa FMM tetapi, bisa memilih visa lain untuk tinggal sementara dan meningkatkan finasial dengan menjadi profesional dalam bekerja.

3. Nikaragua
Untuk tinggal dinegara ini sebagai imigran, Anda harus membuktikan memiliki penghasilan US$600 setiap bulannya. Secara teoritis, untuk tinggal di Nikaragua, usia Anda minimal 45 tahun dan persyaratan ini bisa dicabut jika bisa membuktikan penghasilan tersebut.

Baca juga: Mau Melancong? Yuk Intip Biaya Visa on Arrival Saat Tiba di Bandara Luar Negeri

2. Panama
Visa pekerja, menjadi salah satu jalur populer yang digunakan orang untuk tinggal di Panama, dengan pengasilan sebulan US$1000 untuk pemuda dan US$5000 deposito di bank Panama membuka pintu untuk tempat tinggal permanen.

1. Paraguay
Berbatasan dengan Argentina dan Brasil, negara ini memiliki permintaan imigrasi yang sedikit, sehingga kemungkinan Anda diterima bisa lebih mudah. Anda harus menyetor sejumlah uang ke bank Paraguay yang kira-kira sama dengan 35x upah minimum bulanan yakni US$4500-US$5500. Setelah itu diizinkan untuk pindah dan tinggal di Paraguay, tetapi untuk mengajukan kewarganegaraan harus tinggal selama tiga tahun.