16 Maskapai Kini Layani 21 Rute Penerbangan Internasional dari Bandara Soekarno-Hatta

0
Sumber: pariwisata.id

Bagaimana rute penerbangan internasional dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di masa pandemi saat ini? Apakah masih banyak maskapai yang melayani rute internasional? Ternyata meski banyak negara yang membatasi kedatangan pelancong dari luar negeri, Bandara Soetta masih membuka banyak rute penerbangan internasional.

Baca juga: Rute Domestik Tersibuk di Dunia Ternyata Hanya 400 Km, Setara Jakarta-Semarang

Saat ini ada sebanyak 21 rute yakni Abu Dhabi, Bangkok, Guangzhou, Chengdu Airport Cina, Doha, Hang Zhou, Hong Kong, Tokyo Haneda, Seoul. Selain itu juga ada Istanbul, Kuala Lumpur, Melbourne, Nanning, Tokyo, Penang, Ho Chi Minh City di Vietnam, Singapore, Subang di Malaysia, Shenzhen dan terakhir Taipei di Taiwan.

Penerbangan 21 rute internasional ini dilayani oleh 33 maskapai. Namun perlu dicatat, dari 33 maskapai, hanya 16 maskapai yang melayani penumpang, sisanya adalah penerbangan kargo. Manager of Branch Communication Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II Haerul Anwar menjelaskan bahwa penerbangan internasional dilakukan sesuai dengan prosedur di masing-masing negara.

“Kalau ada penumpang mau terbang ke sana (luar negeri-red) , coba kroscek ke negara tujuan kebijakannya dibolehkan apa enggak dari Indonesia bisa ke sana. Kalau misalkan dari sana membolehkan terus cek ke maskapai-maskapainya buka apa nggak. Kalau misalnya ada penerbangannya ya berarti bisa ke sana,” ujar Haerul yang dikutip KabarPenumpang.com dari cnbc.com (16/10/2020).

Saat ini trafik penerbangan terbanyak adalah rute menuju ke Singapura dan ini terlihat dari realisasi bulanan sepanjang September 2020. Pada periode tersebut, penerbangan dari dan ke Singapura mencapai 318 kali.

Adapun dari dan ke Taipei sebanyak 129 penerbangan, Hong Kong 127 penerbangan, Incheon Korsel 119 penerbangan, dan Kuala Lumpur 104 penerbangan. Haerul mengatakan, sementara ini lebih banyak penerbangan kargo dibandingkan dengan penumpang. Sehingga bisa dikatakan penumpang sebenarnya masih terbatas.

Rincinya, pada periode 1-14 Oktober 2020 total penumpang di rute internasional dari dan ke Soetta, sebanyak 31.347 orang. Angka itu terdiri dari 17.558 penumpang datang dan 13.790 penumpang keluar Indonesia.

“Yang keluar WNI ada juga, penumpang warga asing ada juga yang kembali ke negaranya. Kalau yang masuk relatif sama, masih banyak repatriasi,” kata dia.

Berikut ini terminal baik domestik dan internasional di Bandara Soetta yang beroperasi yakni Terminal 2D ada Airfast (FS), Lion Air (JT), NAM Air (IN), Indonesia AirAsia (QZ), Express Air (XN). Sedangkan untuk Terminal 2E ada Batik Air (ID) dan Lion Air (JT). Di Terminal 3 internasional ada Eva Air (BR), China Airlines (CI), Cathay (CX), Etihad Airways (EY), Garuda Indonesia (GA), Batik Air (ID), Japan Airlines (JL), Qatar Airways (QR) dan Korean Air (KE).

Baca juga: Pandemi Tak Kunjung Berakhir, Bandara Changi Mulai Hadapi Masa Sulit

Selain itu juga ada All Nippon (NH), Malindo (OD), Asiana (OZ), Qatar Airways (QR), Sriwijaya (SJ), Singapore Airlines (SQ), Turkish Airlines (TK) dan Shenzhen Airlines (ZH). Untuk kargo internasional ada My Indo Airlines (2Y), K-Mile (8K), China Airlines (CI), Cathay (CX), Fedex (FX), Korean Air (KE), Raya Airways (TH) dan VietJet Aviation (VJ).

Leave a Reply