22 Tahun Hilang dari Peta London Underground, Jalur Thameslink Bakal Kembali Dibuka

0
Salah satu stasiun di London

Bagaimana bila jalur kereta api utama kembali ke peta setelah 22 tahun? Rasanya cukup menggembirakan, karena artinya ada lagi kereta dari jalur tersebut yang akan kembali beroperasi seperti sedia kala.

Baca juga: Ciptakan Stasiun Ramah Penumpang, Stasiun London Waterloo Adopsi Virtual Reality dan Eye-Tracking

Ya, jalur dan layanan ini masuk kembali ke peta setelah 22 tahun. Layanan tersebut adalah Thameslink yang beroperasi antara Bedford dan Brighton melewati Stasiun London yang sibuk seperti London Bridge, Blackfriars dan St Pancras International.

Layanan Thameslink kembali ke peta London Underground

Layanan tersebut kembali ke tube setelah kampanye yang panjang, namun Transport for London atau TfL menunjukkan ini hanya sementara. Di mana layanan tersebut membantu masyarakat yang masih perlu melakukan perjalanan selama pandemi adalah tujuan utama dari pemulihan jalur ini.

Nantinya jalur ini akan kembali ditinjau pada akhir tahun 2021. Dilansir KabarPenumpang.com dari mylondon.news (20/1/2021), dalam peta, layanan ini akan ditandai dengan garis merah muda dan putih yang melewati pusat kota London.

Keputusan TfL untuk mengaktifkan kembali jalur tersebut akan disambut oleh Komite Transportasi Majelis London, yang menyerukan agar jalur itu kembali ke peta pada bulan Agustus. Dr Alison Moore, yang mengetuai komite, mengatakan, garis Thameslink adalah tambahan penting untuk peta Tube sehingga warga London yang harus bepergian selama pandemi Covid-19 memiliki lebih banyak pilihan untuk melakukannya.

“Sangat penting bagi orang untuk bisa seaman mungkin saat mereka bepergian dan kereta api yang lebih besar akan membantu menjaga jarak sosial yang penting. Komite Transportasi merekomendasikan agar Thameslink ditambahkan ke peta Tube untuk membantu para penyandang disabilitas London karena kereta ini dirancang untuk aksesibilitas pertama dan terutama. Sudah waktunya bagi TfL untuk menyimpan Thameslink di peta secara permanen untuk aksesibilitas yang lebih baik di seluruh kota,” jelas Alison.

Tom Moran, direktur pengelola Thameslink mengatakan, pihaknya senang stasiun Thameslink di London telah ditambahkan sementara ke peta Tube ikonik, terutama di wilayah selatan-timur dan utara London yang sekarang muncul untuk pertama kalinya.

“Menambahkan layanan Thameslink akan sangat membantu sekarang, karena kami tahu orang-orang ingin merencanakan perjalanan mereka dengan hati-hati dan memastikan mereka dapat menjaga jarak secara sosial. Ini berarti setiap penumpang dapat melihat semua koneksi yang tersedia untuk mereka di satu tempat. Thameslink adalah pilihan terbaik bagi penumpang di London, dengan kereta setiap beberapa menit, waktu perjalanan dari St Pancras ke Jembatan London kurang dari 15 menit dan stasiun yang dapat diakses,” ujar Moran.

Baca juga: Lindungi Diri dari Virus Corona, Penumpang di London Punya Cara Unik

Kepala informasi pelanggan dan kemitraan TfL, Julie Dixon, mengatakan, ini merupakan tambahan yang rumit untuk dibuat pada peta, tapi pihaknya merasa akan menguntungkan warga London sebagai bagian dari pekerjaan mereka untuk mempromosikan penggunaan transportasi umum yang aman, bersih dan dapat diandalkan di seluruh kota.

Leave a Reply