6 Hal Ini Bisa Memicu Keributan Selama Penerbangan

www.nytimes.com

Menjadi seorang penumpang dalam suatu penerbangan adalah hal yang menyenangkan. Namun terkadang, ada beberapa masalah sepele yang bisa memicu keributan di pesawat. Sebagai penumpang, ada baiknya Anda harus bisa menjaga sikap selama penerbangan baik kepada sesama penumpang maupun kepada awak kabin. Dikutip KabarPenumpang.com dari nytimes.com ada enam hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari keributan dan perselisihan di dalam pesawat.

1. Menjaga ketenangan
Jangan usil atau bertingkah aneh terhadap teman sebelah atau depan Anda. Duduklah yang sopan dan tenang agar tidak mengganggu penumpang lainnya. Selain itu, jangan melakukan hal-hal yang tidak disukai oleh orang lain, karena hal ini bisa membuat Anda dan penumpang lain jadi bertengkar. Contohnya saat mengantri di toilet, jaganlah mengetok pintu bila penumpang lain sedang berada di toilet secara terus menerus, ini akan mengganggu privasi dan memicu emosi orang lain.

2. Jaga bicara
Berbicaralah yang sopan kepada teman sebangku Anda di pesawat. Jangan bicarakan hal-hal yang tidak disukai. Tak hanya itu, kepada awak kabin yakni pramugari, bila Anda memanggilnya, cobalah memanggil dengan cara yang halus dan berterimakasihlah bila sudah dibantu.

3. Pindah tempat duduk
Hal seperti ini baiknya tidak Anda lakukan. Apalagi bila disebelah Anda tidak menyukai adanya hal itu. Namun bila Anda memiliki hal yang khusus seperti sering ke toilet dan posisi duduk berada di dekat jendela atau di tengah, baiknya untuk tidak mengganggu penumpang lain, Anda bisa meminta izin kepada pemilik tempat duduk di lorong atau pramugari agar bisa berpindah. Sebab perpindahan tempat duduk adalah hal yang sebenarnya tidak diperbolehkan dalam penerbangan.

4. Bertingkah baik
Anda harus memiliki sikap baik pada sesama. Bila seseorang di sebelah Anda butuh bantuan baiknya di tolong dan saat pramugari memberikan atau mengantarkan sesuatu yang diminta berterimakasihlah.

5. Berempati sepanjang perjalanan
Baiknya Anda harus bisa menanamkan rasa empati, hal ini agar Anda lebih mengerti kondisi seseorang apalagi perjalanan yang Anda lakukan cukup jauh dengan menggunakan pesawat.

6. Jangan mengeluarkan kata-kata ancaman
Hal ini, baiknya jangan pernah sekalipun Anda lakukan. Sebab, kata-kata ancaman seperti mengatakan ada bom, ada binatang buas seperti ular, membawa pistol atau lainnya justru membuat Anda menjadi tersangka. Sebab, hal-hal tersebut bisa membuat penerbangan mendarat darurat. Jauhkan kata-kata yang mengandung ancaman dari pikiran dan pembicaraan Anda.