Unik, London Buat Jalur Sepeda di antara Halte dan Jalur Bus

0
Jalur sepeda berada diantara halte dan jalur bus (dailymail.co.uk)

Jalur sepeda berada diantara halte dan jalur bus? Ya, jalur ini dibangun di London dan dianggap gila oleh penumpang bus yang terpaksa menghindari pengendara sepeda yang ngebut ketika mereka turun dari bus. Kehadiran jalur sepeda di tengah-tengah halte bus membuat orang tua dan penyandang disabiilitas bisa menghadapi risiko tertabrak saat menyeberanginya.

Baca juga: Bandara Changi Buka Jalur Sepeda ke East Coast Park, Eh.. Ada Dinosaurus

Inisiatif baru tersebut dikenal sebagai jalur bersama penumpang bus dan bagian dari upaya dewan London utara untuk mendorong lebih banyak pesepeda untuk meninggalkan mobil di masa pandemi. KabarPenumpang.com melansir dailymail.co.uk (23/10/2020), jalur ini ditujukan untuk melindungi pesepeda di jalan sibuk yang membentang dari Kings Cross ke Tufnell Par di utara London.

Jalur aspal hitam sepanjang 20 meter telah dibangun di atas halte bus merah yang ada dan berdekatan dengan halte bus. Garis-garis bercat diagonal putih di tepi jalan ditujukan untuk memberikan ruang yang aman bagi penumpang untuk berdiri sebelum mencoba berjalan menyeberang ke trotoar.

Tetapi di dua jalur bersama yang dipasang di York Way, tidak ada tanda peringatan yang terlihat untuk penumpang bus dan tidak ada pengumuman yang dibuat oleh pengemudi untuk memperingatkan mereka yang pergi tentang risiko pengendara sepeda.

Seorang penumpang yang hampir tertabrak pengendara sepeda saat dia keluar dari bus No 390 dekat Kings Cross mengatakan bahwa kehadiran jalur tersebut adalah menunggu’kecelakaan menunggu untuk terjadi’.

“Tidak ada tanda peringatan dan orang-orang yang turun dari bus tidak tahu bahwa pengendara sepeda mengejarnya. Saya hampir ditabrak pengendara sepeda saat turun dari bus. Bayangkan betapa sulitnya bagi seorang ibu muda dengan kereta dorong bayi yang mencoba keluar dari belakang. Benar-benar gila,” ujar penumpangg itu.

Dia mengatakan skema itu hanya membuang-buang uang dan memprediksi kecelakaan. Penumpang itu mengungkapkan, kadang para pengendara sepeda datang dengan kecepatan tinggi di sini dan kecuali Anda memperhatikan akan ada tabrakan yang parah. Kebanyakan pengendara sepeda tidak pernah berhenti di lampu merah lalu lintas.

Seorang ibu muda dengan seorang anak perempuan berusia dua tahun yang sedang menunggu bus mengatakan bahwa dia akan khawatir tentang turun di malam hari ketika jarak pandang kurang.

“Tidak apa-apa di siang hari karena saya bisa melihat ke sepanjang jalan dan melihat apakah pengendara sepeda datang, tetapi pada malam hari itu adalah masalah yang berbeda. Banyak pengendara sepeda tidak mau repot-repot menggunakan lampu. Saya tidak mengerti mengapa ini dibangun,” ujar ibu itu.

Penumpang lain, seorang pria berusia 40-an, mengatakan bahwa jalur sepeda lebih merupakan pernyataan dari dewan yang dijalankan Partai Buruh untuk menunjukkan prioritas mereka untuk bersepeda di atas mobil.

“Lihat saja apa yang mereka lakukan ke wilayah dengan semua jalur sepeda pop up. Lalu lintas adalah mimpi buruk di Camden dan itu hanya akan menjadi lebih buruk,” kata pria itu.

Untuk diketahui, jalur bus bersama dipasang enam minggu lalu sebagai bagian dari tujuan dewan Camden untuk melindungi pengendara sepeda yang menggunakan jalan yang sibuk. Jalur sepeda sekarang dilindungi oleh tongkat plastik untuk menghentikan mobil berhenti di jalur dan memaksa pengendara sepeda untuk bermanuver di sekitar mobil yang diparkir.

Jalur penumpang bus bersama, yang dibiayai bersama oleh Camden Council dan Tfl, dirancang untuk alasan yang sama. Dua telah dipasang di Camden, dengan lebih banyak set akan ditambahkan di sekitar ibu kota. Pemberitahuan yang ditampilkan di halte bus di York Way diberi label Covid 19 Safety Cycling.

Dikatakan bahwa penumpang bus bersama dan perubahan lainnya adalah untuk membantu menyediakan ‘lingkungan bersepeda berkelanjutan yang aman’ dan juga mencakup penghapusan ruang parkir dan pengenalan garis kuning ganda untuk mencegah mobil menghalangi rute. Seorang juru bicara Dewan Camden mengatakan tanda berhenti telah dicat di awal jalur bersama untuk memperingatkan pengendara sepeda agar melambat dan langkah tersebut merupakan bagian dari percobaan selama 18 bulan.

Baca juga: Jelang Operasional Trem di Sydney, Pejalan Kaki, Pesepeda dan Pengendara Motor Harus Berbagi Jalur

“Pandemi Covi-19 telah menciptakan tantangan keselamatan jalan raya baru di Camden, dengan lebih banyak orang memilih untuk berjalan, bersepeda, dan mengemudi. Perubahan cara orang bepergian ini telah memberikan tekanan ekstra di jalan-jalan kami dan baik Pemerintah maupun walikota London telah jelas bahwa otoritas lokal perlu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi hal ini. York Way adalah kunci untuk ini dan telah diidentifikasi oleh penduduk sebagai tempat di mana mereka ingin melihat fitur berjalan dan bersepeda yang lebih baik, kata juru bicara itu.

LEAVE A REPLY