Ada Sekat di Kursi Depan Bus, Fungsinya Bukan Cuma untuk Pengaman

0
sekat di kursi depan penumpang bus (kompas.com)

Sering naik bus dan suka duduk di paling depan? Sadarkah Anda ada sekat yang memisahkan antara kursi paling depan tersebut? Sebenarnya apakah ada artinya sekat tersebut di kursi bagian depan? Ternyata sekat ini memiliki fungsi yang cukup penting bagi penumpang yang duduk di kursi depan atau hot seat.

Baca juga: Ada Pramugari di Bus AKAP, Dari Layani Penumpang Hingga Turunkan Barang di Bagasi

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, sekat bus di kursi depan memiliki dua fungsi yakni sebagai pengaman dan pegangan penumpang. Deddy Hermawan, Design Development karoseri New Armada mengatakan, fungsi pertama untuk pengamanan penumpang dan pengemudi.

Di mana jika terjadi rem mendadak, penumpang depan tidak akan jatuh ke arah pengemudi. Apalagi saat ini regulasi penumpang bus harus menggunakan sabuk pengaman selama perjalanan menjadiakan keamanan penumpang berlipat. Untuk fungsi kedua, Deddy menjelaskan ini akan berguna sebagai pegangan.

Sehingga bagi penumpang yang akan naik maupun turun dari bus bisa menjadikan sekat ini pegangan. Sekat ini sendiri cukup aman untuk pegangan penumpang karena dibaut ke lantai dan modelnya berbagai macam yakni dilapisi dengan plastik ABS dan ada juga yang dicetak dari polyurethane dengan frame besi di bagian dalamnya.

Deddy mengatakan, model ini biasanya disebut sebagai material integral skin. Selain ada di bagian depan, Anda sebagai penumpang juga bisa menemukannya di dekat tangga belakang ataupun tangga bagian tengah bus bila ada pintu bagian tengah.

Fungsi sekat ini pun sama dengan yang berada di bagian depan untuk melindungi penumpang agar tidak jatuh dari tangga dan menjadi pegangan. Ternyata sekat ini cukup penting, namun banyak penumpang yang menjadikan sekat ini sebagai sandaran kaki.

Meski dibuat dengan kokoh, menempatkan kaki di sekat tidaklah sopan untuk dilakukan di dalam bus. Walaupun kuat, ada kemungkinan tertendang, sekat jatuh mengenai pengemudi yang berada di depan. Sehingga, bila Anda duduk di depan, berlakulah sopan santun dan taat tata krama dengan tidak menaikkan kaki ke atas sekat tersebut.

Baca juga: Layaknya Pohon Natal, Ini Alasan Bus AKAP Dihiasi Lampu Warna Warni

Untuk diketahui, terkadang sekat di kursi depan juga dilengkapi dengan tempat gelas atau cup holder. Terkadang ini juga bisa meletakkan ponsel atau barang kecil seperti tisu yang sering digunakan penumpang.

Leave a Reply