AirAsia Bantu Penumpang di Masa Pandemi Melalui Chatbot WhatsApp

0
Chatbot AirAsia AVA

Bagaimana kabar AirAsia di masa pandemi ini? Sepertinya maskapai asal Malaysia tersebut mulai mengembangkan berbagai hal untuk memudahkan pelanggan mereka menikmati perjalanan menuju ke destinasi meski masih dalam masa pandemi Covid-19. Maskapai yang memiliki dominasi warna merah tersebut baru-baru ini meluncurkan chatbot virtualnya yakni AirAsia Virtual Allstar atau AVA.

Baca juga: Singapore Airlines Hadirkan Chatbot di Laman Facebook

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman sumber futuretravelexperience.com (30/11/2020), chatbot ini ada pada aplikasi perpesanan populer WhatsApp. Chief Customer Happiness Officer Adam Geneave mengatakan kepindahan tersebut sangat tepat waktu dengan rekor jumlah tamu yang mencari dukungan akibat Covid-19.

“Di AirAsia, kami terobsesi dengan tamu. Kami juga merupakan perusahaan yang progresif dan dipimpin secara digital dan Virtual Allstar AVA kami menawarkan layanan pelanggan berstandar tinggi melalui kecerdasan buatan,” kata Geneave.

Dia menyebutkan, AVA sudah menangani jutaan kasus setiap tahun di platform lain seperti Facebook, aplikasi milik AirAsia dan airasia.com, jadi sangat masuk akal untuk membuatnya tersedia di WhatsApp di mana terdapat lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia.

“Tahun ini penuh tantangan bagi seluruh industri penerbangan dan lebih penting dari sebelumnya bahwa tamu kami merasa didukung dan didengar serta dapat menghubungi kami melalui mode komunikasi pilihan mereka. Seperti halnya teknologi baru, kami terus belajar dan beradaptasi dan AVA menjadi semakin baik dari waktu ke waktu. Saat ini, lebih dari 80 persen kasus pelanggan berhasil dikelola oleh AVA, dan sisanya ditransfer ke Agen Langsung yang membantu secara langsung,” jelas Geneave.

Dalam menggunakan chatbot ini, penumpang bisa langsung ngobrol dengan AVA di WhatsApp atau mengunjungi situs AirAsia. Layanan chatbot tersebut tersedia 24/7 dan para tamu harus mengetik ‘hai’ untuk memulai percakapan.

Baca juga: AirAsia X Vs Scoot Vs Jetstar, Siapa yang Terbaik?

AVA adalah Virtual Allstar AirAsia, sebuah bot yang mampu menjawab pertanyaan dari pelanggan secara instan dalam sebelas bahasa yakni Inggris, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Korea, Tagalog, Hindi, Jepang, Cina Sederhana dan Cina Tradisional.

Tahun lalu, AirAsia dianugerahi FTE Asia 2019 Silver Award untuk Best Passenger Experience Initiative untuk aplikasi AVA-nya.

Leave a Reply