AirAsia X Tujuan Kuala Lumpur Alami Turbulensi, Lima Penumpang Terluka

The Independent

Kembali terjadi turbulensi pada salah satu maskapai yakni AirAsia X dari Taipei, Taiwan dengan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia. Atas kejadian ini, lima orang penumpang diketahui terluka. Maskapai low coast carrier (LCC) atau penerbangan biaya murah ini menyatakan bahwa penerbangan D7377 saat itu membawa 291 penumpang dengan 11 awak kabin. Turbulensi yang terjadi pada 4 Mei lalu di kabarkan terkena turbulensi parah.

Baca juga: Terjadi Turbulensi? Tetap Tenang dan Jangan Panik

“Pesawat akhirnya mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 pada pukul 04.30 sore waktu Malaysia. Lima penumpang yang terluka dirawat oleh paramedis di bandara setelah mendarat,” demikian statemen AirAsia X seperti dilansir KabarPenumpang.com dari media Malaysia, The Star, Sabtu (6/5/2017).

The Star

“Semua penumpang lainnya ditangani oleh staf lapangan dan mendapatkan bantuan yang diperlukan,” demikian disampaikan. Pada Jumat (5/5/2017) rekaman video insiden tersebut menjadi bahan perbincangan atau viral di media sosial. Dalam rekaman  terlihat seorang pramugari terduduk di lantai sambil berpegangan ke troli makanan. Pada video tersebut juga terdengar suara seorang perempuan yang menangis sementara sejumlah suara lainnya terdengar berulang kali mengatakan, “jangan bergerak”.

Baca juga: Terlihat Cantik, Ternyata Awan-Awan Ini Berbahaya

Tak hanya itu, terlihat seorang pramugari yang duduk di kursinya, mengimbau agar para penumpang untuk tetap tenang. “Semua akan baik-baik saja,” ujar pramugari tersebut.

Sayangnya, dalam pernyataan AirAsia X, tidak menjelaskan seberapa parah turbulensi tersebut dan berapa banyak penumpang yang menjadi korban serta korban yang harus mendapat perawatan di rumah sakit.

AirAsia X atau AirAsia Extra membidik penerbangan LCC untuk jarak tempuh di atas 4 jam sampai 11 jam alias penerbangan jarak jauh (long haul). Jenis pesawat juga berbeda dengan penerbangan jarak pendek, AirAsia X mengoperasikan pesawat berbadan lebar tipe Airbus 330-300. AirAsia X juga memberi penawaran kursi kelas bisnis, namun tetap dengan gaya maskapai LCC. Rute andalan lain dari AirAsia X yakni untuk tujuan ke Australia.