Akibat Kebocoran Freon, Asap Putih Mengepul dan Bikin Panik Penumpang MRT Singapura

0
Kompresor AC SMRT bocor, asap putih ngebul di dalam gerbong (globalnews.com)

Semua penumpang MRT dalam kereta yang tengah berhenti di Stasiun Raffles Place harus turun untuk dievakuasi. Pasalnya kereta yang mereka tumpangi mengeluarkan asap putih karena kompresor pendinging udara (AC) bocor. Insiden ini terjadi pada Jumat (10/1/2020) sekitar pukul 12.45 waktu setempat di platform timur stasiun.

Baca juga: Manajer Stasiun SMRT Baik Hati, Penumpang Diberi $100

KabarPenumpang.com melansir dari laman straitstimes.com (10/1/2020), kepala komunikasi SMRT Margaret Teo mengatakan pihaknya telah mengkonformasi bahwa asap itu disebabkan oleh kompresor pendingin udara yang bocor dan melepaskan gas freon.

“Sebagai tindakan pencegahan keselamatan, semua penumpang di dalam kereta yang terkena dampak diminta untuk turun dan naik kereta berikutnya,” kata Margaret.

Dia menambahkan kereta yang bermasalah tersebut ditarik dari layanan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untungnya insiden ini tidak menyebabkan kebakaran dan cedera pada penumpang. “Kami minta maaf karena insiden ini memengaruhi perjalanan Anda,” ujar Margaret.

Seorang penumpang yang juga saksi dari kejadian mengatakan dirinya berada di kereta dan menuju Stasiun Raffles Place dari Staisun Tanjong Pagar ketika melihat asap di kabin dan merasakan bau terbakar.

“Baunya sangat kuat dan penumpang turun setelah kereta mencapai Raffles Place. Pengumuman yang ada dalam kereta pun mengatakan, kereta akan berhenti di stasiun untuk sementara waktu. Tidak ada kekacauan, hanya beberapa kecemasan di antara penumpang,” ujar Benny Ong.

Tak hanya itu, Pearly Hoon yang naik dari Staisun Outram Park mengatakan, kereta mulai dipenuhi asap di antara Stasiun Tanjong Pagar dan Raffles Place. Dia mengatakan, asap tersebut memiliki bau yang sangat kuat mirip dengan asap fumigasi dan menyebabkan sedikit keributan.

Baca juga: MRT Singapura Larang Pengguna PMD untuk Gunakan Layanan!

“Seorang wanita di sampingku mengeluarkan masker dan mengenakannya. Beberapa orang di gerbong lain berjongkok dan yang lainnya mulai menutupi hidung dan mulut serta mulai batuk,” ujar Hoon.

Sebelumnya pada Juni 2018, kebocoran gas freon di kereta menuju ke timur memaksa para penumpang untuk turun di stasiun MRT Tanjong Pagar.

Leave a Reply