Anda Bosan Jadi Penumpang? Inilah Cara Cepat Jadi Pengemudi GoJek

(Cyberthreat.id)

Sebagai penumpang kendaraan yang dipesan dengan online, terkadang membuat penumpang juga berpikir untuk menjadi pengemudi. Ini tidaklah salah, karena setiap orang boleh memilih pekerjaan yang mereka inginkan. Bahkan bisa dikatakan, kini ojek online menjadi salah satu pilihan transportasi favorit salah satunya adalah GoRide dari GoJek.

Baca juga: GoJek Punya Logo Baru, Ungkap Bentuk Universal dari Beragam Solusi

Karena banyaknya permintaan menjadi driver dan partner GoJek, ternyata masih banyak yang belum memahami cara pendaftaran menjadi pengemudi. KabarPenumpang.com yang membuka laman website gojek.com, kemudian memilih cara daftar, sebab kini tak lagi daftar melalui SMS melainkan mengisi formulir pendaftaran secara online.

Pertama yang dilakukan adalah calon pegemudi mengisi formulir pendaftaran dengan masuk ke laman https://daftar.go-ride.co.id baik dari ponsel pintar Anda ataupun melalui komputer. Kedua yakni calon pengemudi mengisi kolom-kolom yang berada di laman pendaftaran pertama seperti nama depan, nama belakang, alamat email (Gmail), nomor HP yang akan digunakan dan kota pilihan tempat bekerja.

Sebelum ke bagian lanjutan, periksa semua data sudah sesuai atau belum. Bila Anda masih bingung dalam pendaftaran, pojok kanan atas ada pilihan Panduan Pendaftaran. Nantinya ada sebuah video singkat yang akan membantu dalam mengisi formulir dan berkas kelengkapan untuk pendaftaran.

Ketiga, sebagai calon pengemudi yang sudah selesai mendaftar tak lupa mengecek ponsel untuk mendapatkan empat digit kode dari GoJek. Kemudian masukkan empat digit kode itu dalam halaman pendaftaran. Nah, nanti akan ada formulir yang diisi secara lebih rinci dibandingkan halaman awal.

Laman ini terdiri dari empat sub laman yang mana ada sub laman data diri, dimana Anda harus memasukkan dua nomor darurat yang bisa dihubungi selain nomor utama. Mengisi alamat tempat tinggal dan pilih pekerjaan di kolom pekerjaan sebelumnya. Masuk laman kedua, menggunggah (upload) dokumen seperti SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), KTP, SIM dan STNK motor.

Saat men-scan, jangan lupa dicek yakni tidak buram dan bisa dibaca. Ukuran filenya pun tak lebih dari 10 MB dan dalam format .jpg, .jpeg, .gif, .png. Dalam sub-laman ketiga, Anda akan ditunjukkan sebuah video pelatihan pengemudi GoJek. Hingga pada sub-laman ke empat, jika Anda sudah mengisi semua persyaratan, Anda bisa memulai menjadi pengemudi GoRide dengan mengunduh aplikasi GoJek Driver.

Baca juga: Sebelum Dijual, PCX Electric Milik Astra Akan Diuji Coba Mitra GoJek Jemput Penumpang

Nomor ponsel utama sangat diperlukan selama Anda menjadi pengemudi Go-Ride, karena setelah mengisi persyaratan diatas, Anda akan menerima sebuah SMS berisi konfirmasi atas pendaftaran yang Anda lakukan. Jika data Anda sudah terverifikasi, Anda akan menerima SMS yang akan menuntun Anda ke kantor operasional GOJEK untuk menyelasikan proses pendaftaran Anda.