Baggage Wrapping Sendiri Memang Hemat, Tapi ada Kelemahannya

Wrapping dengan layanan bandara

Wrapping atau teknik membungkus tas dengan plastik sangat mudah dijumpai di bandara. Kegunaan dari wrapping ini sendiri untuk melindungi tas dan mencegahnya dari tindakan pencurian, menjaga agar tas tetap bersih dan kering serta menjaga barang tetap utuh ketika ritsleting tiba-tiba rusak.

Baca juga: Luggage Wrapping di Bandara, Seberapa Besarkah Perannya Untuk Melindungi Koper Anda?

Mungkin bagi para pelancong yang tak mau repot bisa menggunakan jasa wrapping di bandara, tetapi ternyata hal ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. KabarPenumpang.com melansir laman wikihow.com, berikut ini cara, kelebihan dan kekurangan wrapping yang dilakukan sendiri di rumah.

Wrapping tas sendiri dirumah

# Memilih bungkus
1. Gunakan plastik untuk membungkus barang tepatnya yang khusus untuk membungkus koper dan ini lebih kuat dalam perekatannya. Warnanya pun bening atau cerah, biasanya ini untuk mengidentifikasi barang milik Anda. Jangan pilih plastik wrapping untuk makanan karena lebih mudah rusak.
2. Bawa lagi plastik wrapping tersebut di tas lain, karena ketika pulang dari melancong, Anda akan kembali mengamankan tas atau koper dengan plastik wrapping.
3. Plastik wrapping bisa dibeli di toko online karena dijual secara komersial.

# Cara membungkusnya
1. Mulai dari bagian tengah koper, dengan ujung di tengah salah satu sisi yang lebih besar dan bungkus plastik di sekitar tas ketika Anda memegang ujungnya. Setelah bagian tengah dibungkus beberapa kali Anda dapat membungkus berulang kali tanpa harus memegangnya.
2. Tarik plastik sebaik mungkin untuk mendapatkan segel ketat pada tas. Anda perlu memberi sedikit ketegangan pada bungkus, ini akan memastikan bahwa lapisan plastik saling menempel erat.
3. Saat membungkus, lihat dan pastikan seluruh permukaan tas tertutup plastik.
4. Jangan lupa bungkus bagian atas dan bawah koper. Balut keseluruhannya agar tas tertutup plastik.
5. Pastikan ujung terakhir pembungkus merekat dan tidak terurai, Anda bisa menempelkan ujung dengan lakban atau selotip.
6. Buat lubang pada bagian pegangan dan roda koper

# Kelemahan wrapping dirumah
1. Biasanya tidak terlalu rekat dengan atau menempel sempuna alias tidak sama dengan wrapping di layanan bandara.
2. Tidak terlalu rapi dan terkadang setiap bagian tidak rata menutupnya ketika di bungkus dengan plastik.
3. Bila memwrapping dari rumah dan plastik tiba-tiba dipotong untuk diperiksa, Anda akan sulit membungkusnya lagi. Ini berbeda dengan layanan wrapping di bandara yang akan menjamin membungkus tas Anda kembali ketika plastik di potong untuk pemeriksaan tas.

Baca juga: Otoritas Penerbangan Pakistan Wajibkan Penumpang Gunakan Baggage Wrapping

Jadi, sebagai pelancong yang bijak, pilih wrapping murah dengan melakukannya di rumah atau di bandara sebelum check in?