[Bagian 1] Fakta Unik Kereta Cepat di Cina – Punya Jaringan Terbesar di Dunia dan Angkut 2 Juta Penumpang Per Hari

0
Kereta Cepat Cina

Cina terkenal dengan keberadan Panda raksasa imut di Chengdu dan ini menarik banyak pelancong setiap tahunnya. Namun ternyata bukan hanya Panda yang di cari pelancong tetapi pengalaman berpetualang dengan China High Speed Train dengan kecepatan 310 kilometer per jam adalah sensasi tersendiri kala bertandang ke Negeri Tirai Bambu ini.

Baca juga: Kebut Olimpiade Musim Dingin, Cina Produksi Massal Kereta Cepat Akhir Tahun ini

Cina dapat disebut memiliki jaringan High Speed Rail (HSR) terbesar di dunia. KabarPenumpang.com merangkum laman chinadiscovery.com, ternyata kereta api kecepatan tinggi Cina mengangkut hampir dua juta orang setiap harinya dan merupakan sekitar sepertiga dari jumlah total penumpang kereta api negara.

Bahkan kereta berkecepatan tinggi lebih dikagumi karena nyaman dan efisien dibandingkan penerbangan. Tak hanya itu, dengan tiba sepuluh menit sebelum keberangkatan membuat penumpang lebih hemat waktu dibandingkan satu jam saat menunggu di bandara.

Apalagi perjalanan dengan kereta api yang melaju 320 kilometer per jam dirasa seperti tidak sedang bepergian. Karena minat pelancong dengan kereta cepat dan panda cukup tinggi, China Discovery menawarkan tur kereta Panda paling populer ke Chengdu dan situs terdekat Buddha Raksasa Leshan serta Gunung Emei. Tetapi sebelum menikmati kereta cepat milik Cina, pelancong diharapkan juga untuk mengecek fasilitas, makanan dan layanan yang dibutuhkan.

Baca juga: Cina Canangkan Kereta Cepat Maglev dengan Kecepatan 800 Kilometer Per Jam!

Diketahui, hingga tahun 2018, panjang trek HSR di Cina mencapai 29 ribu kilometer yang mana menyumbang 66,3 persen dari trek kereta cepat di seluruh dunia. Saat ini, Cina merupakan negara dengan jalur kereta kecepatan tinggi terpanjang karena pengembangan skala besar dari 2018-2017.

Kini lebih dari seratus kota di Cina sudah terhubung dengan kereta api kecepatan tinggi dan hampir setiap ibu kota provinsi di Cina memiliki stasiun kereta api kecepatan sendiri kecuali Yinchuan dan Lhasa. Tetapi ada rencana ekspansi lanjutan bahwa hanya dua kota yang diharapkan akan dicakup oleh kereta kecepatan tinggi pada tahun 2020 dan 2025 dan lebih banyak kereta api kecepatan tinggi sedang direncanakan dan konstruksi untuk menghubungkan lebih banyak kota di Cina.

Selain Cina ada tiga negara lain yang memiliki kereta api kecepatan tinggi yakni Perancis, Jepang dan Inggris dengan masing-masing memiliki kecepatan 477, 401 dan 330 yang semuanya dalam hitungan kilometer per jam. Menurut stastistik yang diterbitkan oleh international union of railways (UIC) pada April 2017, ada 2425 kereta api berkecepatan tinggi selain di Cina, padahal Cina memiliki lebih dari 2500 kereta api berkecepatan tinggi.

Setelah ini masih fakta unik tentang kereta cepat di Cina, nantikan kelanjutannya pada tautan artikel di bawah ini.

[Bagian 2] Fakta Unik Kereta Cepat di Cina – Lima Jalur Kecepatan Tinggi Pemecah Rekor Dunia