Thursday, February 22, 2024
HomeBandaraBalon Udara Jatuh di Bandara dan Nyaris Membakar Pesawat

Balon Udara Jatuh di Bandara dan Nyaris Membakar Pesawat

Teror balon udara di dunia penerbangan tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga terjadi di Kolombia. Baru-baru ini, sebuah balon udara dilaporkan terjatuh di Bandara Internasional José María Cordova Medellin, Kolombia dan nyaris mengenai sebuah pesawat Boeing 737 Copa Airlines yang sedang parkir.

Baca juga: Meledak dan Terjun Bebas dari Ketinggian 300 Meter, Kecelakaan Balon Udara di Luxor Menjadi yang Paling Mematikan

Andai mengenai pesawat, bukan tak mungkin balon udara tak bertuan itu akan membakar pesawat bila tak cepat ditangani petugas.

Insiden balon udara jatuh di Bandara Internasional José María Cordova Medellin, Kolombia, bukan kali pertama terjadi. Pada Selasa, 28 Desember 2021, sekitar pukul 13.20 waktu setempat, sebuah balon udara jatuh di atas jet bridge atau garbarata, dan hampir membakar dua pesawat Viva Air dan Avianca.

Beruntung, kejadian ini tidak menimbulkan kerusakan atau gangguan operasional apapun karena respon cepat petugas.

Insiden berlanjut pada Minggu, 16 Januari 2022. Ketika itu, balon udara kedua jatuh di bandara. Berbeda dengan insiden pertama, balon udara kali ini berukuran agak besar.

Dalam video viral yang beredar di media sosial, nampak balon udara berwarna warni perlahan jatuh di Bandara Internasional José María Cordova Medellin, sangat dekat dengan pesawat Boeing 737 Copa Airlines yang sedang parkir.

Maskapai tersebut diketahui memang terbang antara lima dan enam kali sehari antara Kota Panama dan Medellin, menawarkan hampir 6.500 kursi per minggu. Beruntung, insiden ini tidak sampai membuat gangguang operasional dari maskapai tersebut.

Atas insiden tersebut, manajer Bandara Internasional José María Cordova Medellin, Fredy Jaramillo, mengatakan, “Kami mendesak tidak hanya orang-orang yang menerbangkan balon udara ini tetapi semua orang yang masih melakukan kegiatan ini, agar mereka melihat bahaya yang ditimbulkan oleh kegiatan itu. Kami meminta mereka untuk lebih bertanggung jawab.”

Sementara itu, secara terpisah, otoritas Bandara Internasional José María Cordova Medellin mengungkapkan, “Kami bersikeras bahwa kegiatan ini tidak boleh dilakukan, terutama di daerah yang sangat dekat dengan bandara, karena (balon udara) dapat menjadi risiko kecelakaan atau insiden, yang berdampak pada operasi.”

Baca juga: Ketika Rekor Balon Udara Keliling Dunia Harus Pupus Gegara Cina Tak Izinkan Melintasi Negaranya

Selain jatuh sembarang di Bandara Internasional José María Cordova Medellin, teror balon udara juga pernah menyasar Bandara Internasional Bogota.

Pada 31 Desember 2021, di malam pergantian tahun, sebuah pesawat Avianca flight AV29 diketahui menabrak balon udara yang dipenuhi dengan pernak-pernik ala tahun baru, seperti lampu, pita, dan balon, saat mendarat di bandara tersebut. Beruntung, balon udara tidak sampai terhisap mesin dan mengganggu penerbangan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru