Bangkitkan Kecintaan Pada Sejarah, Di Kolkata India Ada Perpustakaan Keliling Menggunakan Trem

0
Perpustakaan trem di Kolkata, India

Perpustakaan bergerak biasanya menggunakan bus atau mobil keliling. Namun bagaimana jika perpustakaan tersebut hadir dengan menggunakan sebuah trem? Rasanya ini tak masalah dan bisa saja ruang di trem lebih besar dibandingkan bus atau mobil perpustakaan.

Baca juga: Trem Hybrid Melintas di Jalur Krakow Polandia

September 2020, kota Kolkata (d/h kalkuta) menghadirkan perpustakaan trem pertama di India. Perpustakaan ini akan melintasi jalan di Kolkata dari Shyambazar di utara ke Esplanade di pusat kota Kolkata. Kehadiran perpustakaan ini dalam upaya untuk menarik para pelajar dan pecinta buku.

Dilansir KabarPenumpang.com dari bangaloremirror.indiatimes.com (24/9/2020), kehadirannya juga untuk membangkitkan kembali kecitaan pada sejarah transportasi. Isi dari perpustakaan di dalam trem adalah buku-buku fisik yang bisa dibaca di dalam trem.

Kemudian ada WiFi gratis dan pena gratis bagi pengunjung di minggu perdana peluncuran perpustakan trem. Kehadiran WiFi gratis memudahkan penumpang yang juga akan berselancar untuk mencari buku online selama perjalanan.

Buku-buku terkait berbagai ujian kompetitif seperti IAS, IPS, WBCS, GRE, GMAT juga akan tersedia di trem. Selain buku, akan ada bagian terpisah untuk majalah. Trem telah didekorasi untuk menciptakan suasana seperti perpustakaan.

“Idenya adalah untuk meluncurkan trem sebagai moda pilihan bagi siswa Kolkata lagi,” kata Rajanvir Singh Kapur, MD dari WBTC yang mengoperasikan Kolkata Tramways.

Dalam perjalanannya dari Shyambazar ke Esplanade, trem akan melewati pusat buku bersejarah di College Street. College Street memiliki bangunan bersejarah seperti Presidency College tempat para tokoh dan terpelajar Bengali belajar dan bekerja, mulai dari Ekonom dan Peraih Nobel Amartya Sen yang terkenal di dunia internasional hingga pemenang hadiah Nobel Abhijit Binayak Banerjee, pernah belajar di Presidency College.

Universitas Calcutta, Hare School, Perguruan Tinggi Sanskerta juga ada di jalan ini. Itu adalah Kolese Sansekerta yang terletak di College Street, tempat Reformis Pendidikan Vidyasagar mengajar dan menjadi Kepala Sekolah di kemudian hari.

“Ada setidaknya tiga puluh institusi pendidikan di rute perpustakaan trem, termasuk Presidensi, Sekolah Gereja Skotlandia, Universitas Bethune, Sekolah Hindu, Sekolah Hare dan Sekolah Perempuan Calcutta,” kata pejabat Perusahaan Transportasi Bengal Barat.

Di masa depan, sesi membaca buku dan festival sastra reguler akan direncanakan di platform perpustakaan trem baru ini. Peluncuran buku juga akan direncanakan, kata sumber West Bengal Transport Corporation.

Meski begitu, di masa pandemi ini, trem juga tetap didesinfeksi dan pengelola menyiapkan sanitasi gerbong trem yang benar dan teratur. Trem sebelum diluncurkan pada 24 September, sudah menjalan uji coba di rute Shyambazar Esplanade pada 22 September.

Baca juga: Trem Kuda di Jakarta Riwayatmu “Doeloe”

Rute Trem di Kolkata juga beroperasi di rute Tollygunge ke Ballygunge, rute Rajabazar ke Jembatan Howrah, rute Gariahat ke Esplanade dan rute Howrah ke Shyambazar.
Kebetulan, WBTC juga memasang karya seni menarik di dalam beberapa trem yang menggambarkan bagaimana trem dimulai pada tahun 1873 dan dialiri arus listrik pada tahun 1900.

Leave a Reply