Belum Genap Satu Bulan Beroperasi, KA Bandara Soekarno-Hatta Angkut 75 Ribu Penumpang

Sejak beroperasinya kereta bandara Soekarno-Hatta pada 26 Desember 2017 hingga Januari 2018 ini, PT Railink mengklaim setiap harinya ada 1.600-1.700 orang yang menggunakan jasa kereta . Jika ditotal dari Desember hingga saat ini mencapai 75 ribu penumpang yang sudah diangkut KA Basoetta.

Baca juga: PT Railink Patok Dua Skema Tarif Untuk Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Padahal dari kabar yang tersiar, KA bandara ini justru sepi dari penumpang bahkan hanya ada satu atau dua penumpang saja. Namun, Humas PT Railink Diah Suryandari menampik kabar yang mengatakan KA bandara sepi peminat. Diah mengatakan, sepinya peminat KA bandara bisa saja terjadi tetapi hanya di jam-jam tertentu. Seperti halnya saat perjalanan pertama atau perjalanan terakhir di malam hari.

“Mungkin yang dimaksud sepi itu di jam-jam yang tidak favorit seperti subuh atau malam hari,” ujar Diah yang dikutip KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber.

Sampai saat ini pihak Railink masih melihat perkembangan dari penumpang KA bandara dan belum bisa jelas dikarenakan belum sebulan beroperasi. Selain itu penumpang dari stasiun Manggarai juga belum bisa terangkut dikarenakan masih dalam tahap pembangunan.

Tak hanya itu, KA bandara sendiri dioperasikan untuk memudahkan akomodasi pebisnis yang hendak bepergian. Tetapi perjalanan bisnis tersebut dari Januari hingga Februari belum bisa diprediksi ramai atau tidaknya. “Kita akan lihat ke depan, akan lebih ramai atau tidak,” lanjutnya.

Diketahui, dari 272 kursi dalam satu rangkaian setiap perjalanan terisi 15-20 persennya. Dinilai stabil, dalam tiga minggu terakhir, membuat PT Railink memberlakukan tarif baru yakni Rp35 ribu untuk sekali jalan dari stasiun Batu Ceper menuju stasiun bandara atau sebaliknya dan tarif flat Rp70 ribu dari stasiun Sudirman Baru (BNI City) menuju bandara atau sebaliknya.

Baca juga: Begini Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Dengan adanya kestabilan ini pula, pihak Railink menambah perjalanan yang sebelumnya 42 menjadi 50 perjalanan setiap harinya. PT Railink juga mengubah jadwal keberangkatan dari stasiun Sudirman Baru menjadi pukul 06.51, 11.51, 14.51, 17.51, 20.51, dan 23.06 WIB. Dari Soekarno-Hatta, pemberangkatan pukul 06.10, 13.10, 16.10, 19.10, dan 22.10 WIB.