Berusia Lebih dari 100 Tahun, Jembatan Penyeberangan di Stasiun ini Masih Berdiri Kokoh

0
Jembatan penyeberangan di Stasiun Handa, Jepang beralih operasi dari JR Central ke pemerintah kota Handa (mainichi.jp)

Bagaimana nasib sebuah jembatan penyeberangan antar peron yang usianya lebih dari satu abad harus mengakhiri pengabdiannya? Hal ini terjadi pada sebuah jembatan penyeberangan di Stasiun Handa, jalur JR Taketoyo di Handa Prefektur Aichi.

Baca juga: Karena Unik, Sejumlah Jembatan Penyeberangan Orang Jadi Fenomena

Jembatan berusia lebih dari 110 tahun ini merupakan jembatan penyeberangan tertua di Jepang yang digunakan di lokasi sama sejak didirikan. Menurut Central Japan Railway Company atau JR Central, jembatan akan dialihkan dari JR Central ke pemerintah kota Handa yang tengah membahas pelestarian struktur. bangunan tersebut.

Pemindahan jembatan penyeberangan tertua di Negeri Sakura tersebut dikarenakan adanya pekerjaan konstruksi yang sedang berlangsung untuk meningkatkan area di sekitar stasiun. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman mainichi.jp (5/6/2021), pekerjaan konstruksi dilakukan untuk meninggikan jalur sepanjang 2,6 km yang berpusat di sekitar Stasiun Handa.

Ini juga sudah berlangsung di jalur JR Taketoyo dalam upaya untuk mengurangi kemacetan di perlintasan kereta api. Sehingga pada 5 Juni 2021, jembatan penyeberangan tertua itu harus dipindahkan dan pada 6 Juni lalu, pelayanan dimulai di gedung stasiun sementara untuk layanan kereta pertama.

Jembatan penyeberangan yang dibangun pada November 1910 itu dikatakan Masahiro Sugiura yang merupakan kepala kelompok pelestarian lokomotif uap C11265, adalah suatu keajaiban. Sugira yang kini mengelola museum kereta api kota di depan Stasiun Handa menyerukan pelestarian pada jembatan penyeberangan bersejarah itu.

Dia mengatakan, meski penyeberangan telah berubah secara bertahap sejak pendiriannya seperti vas di kaca jendela, jembatan mempertahankan jejak dirinya yang dulu. Salah satu yang masih bertahan dikatakan Sugira adalah warna two-tone putih dan merah. “Merupakan keajaiban bahwa jembatan penyeberangan yang berusia lebih dari 100 tahun tetap ada,” kata Sugira.

Baca juga: Kehadiran Skybridge Bakal Ubah Tata Letak Pintu Stasiun Tanah Abang

Sebagai informasi, Pemerintah kota Handa akan memindahkan jembatan penyeberangan bersejarah itu ke lokasi sementara di dalam kota pada tahun 2022, yaitu setelah pekerjaan pembongkaran di gedung stasiun saat ini selesai.