Bilik Kerja Kedap Suara di Stasiun Mudahkan Pebisnis yang Butuh Tempat Bekerja

Ketika tengah dinas diluar kantor, seseorang terkadang butuh tempat untuk menyelesaikan tugas tersebut sehingga membutuhkan sebuah tempat yang nyaman dan tak diganggu orang lain. Belum lama ini stasiun kereta di Tokyo kehadiran gerai pribadi yang kedap suara.

Baca juga: Ekinaka, Booth Working Space untuk Pekerja Mobile di Stasiun Kereta Jepang

Gerai atau bilik ini sendiri dihadirkan operator kereta api dan vendor lainnya untuk memudahkan pekerja perusahaan yang mengerjakan pekerjaan mereka di luar kantor. Pada 1 Oktober 2019 kemarin, dua bilik kedap suara ini hadir di belakang gerbang tiket di Stasiun Kyodo d Jalur Odakyu di Bangsal Setagaya, Tokyo.

Dengan ukuran 1,2 meter x 1,2 meter x 2,3 meter, bilik ini dilengkapi dengan meja, sofa, soket dan pengisian daya USB. Karena bagian atasnya tertutup, bilik ini dilengkapi dengan dinding kedap suara sehingga pengguna dapat berbicara dengan klien dan orang lain melalui telepon tanpa khawatir terdengar orang sekitar.

KabarPenumpang.com melansir laman asahi.com (4/11/2019), bagi yang akan menggunakan bilik ini, bisa mendaftar di layanan situs web khusus dan memesannya serta menscan kode QR di pintu melalui ponsel pintar untuk membuka pintu. Harga sewa bilik ini per 15 menit yakni sekitar 250 Yen atau sekitar $2,30 atau setara dengan Rp32 ribu.

Layanan ini bahkan sudah dimulai di Stasiun Machida di Tokyo pada 28 Oktober kemarin dan program tersebut menguntungkan Odakyu Electric Railway Co selaku operator Odakyu Line. Sebab mereka bisa menerima sewa dari Telecube Service CO yang berbasis di Tokyo yang menawarkan kantor bergerak.

Tak hanya itu, September lalu, Seibu Railway Co mendirikan stan kerja di Stasiun Tokorozawa di Prefektur Saitama di luar Tokyo dan Stasiun Takadanobaba di Bangsal Shinjuku. V-Cube Inc., perusahaan induk Telecube Services yang berbasis di Tokyo, telah menyediakan sistem pertemuan online jarak jauh untuk pelanggan korporat.

Ketika Presiden Naoaki Mashita merasa ada beberapa ruang pribadi di mana seseorang dapat mengadakan pembicaraan rahasia melalui telepon atau melalui Internet tanpa masalah privasi, V-Cube menghabiskan satu tahun bersama-sama mengembangkan stan khusus dengan pembuat perabot kantor Okamura Corp di Yokohama. Tanggapan yang lebih besar dari yang diharapkan datang ketika V-Cube dan East Japan Railway Co. (JR East) memulai layanan uji coba gratis dari gagasannya di stasiun Tokyo, Shinjuku dan Shinagawa pada bulan November tahun lalu.

Baca juga: Wujud Emansipasi? Ada Ruang Ganti Popok di Toilet Pria di Bandara India

Tingkat waktu yang dihabiskan adalah lebih dari 50 persen dari semua jam operasional selama periode uji delapan bulan, sementara ruang pribadi juga digunakan dengan cara yang tidak terduga, seperti siswa sekolah menengah yang sedang belajar, seorang wanita memperbaiki make-up dan pengguna mengambil pelajaran percakapan bahasa Inggris dengan smartphone. Popularitas stan tetap tinggi setelah layanan mulai mengumpulkan biaya penggunaan pada bulan Agustus. Sebanyak 47 stan kerja V-Cube telah diperkenalkan di 16 lokasi di stasiun, gedung perkantoran dan di tempat lain di wilayah metropolitan Tokyo.