Bombardier Tingkatkan Kenyamanan Penumpang di Flight Test Global 7000

Sumber: newatlas.com

Dalam pagelaran National Business Aviation Association (NBAA) Conference and Exhibition yang dihelat di Las Vegas beberapa waktu yang lalu, salah satu produsen manufaktur pesawat terkemuka di dunia, Bombardier meluncurkan Flight Test Vehicle (FTV) keempat dari seri Global 7000. Prototipe baru yang diberi nama The Architect ini merupakan pesawat Global 7000 pertama yang dipamerkan dalam sebuah acara publik dan merupakan kendaraan uji terbang pertama yang dilengkapi dengan interior kabin.

Baca Juga: Atasi Dampak Kebisingan di Bandara, Bombardier Rilis Jet C Series

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman businessaircraft.bombardier.com (8/10/2017), pesawat ini nantinya akan digunakan untuk memvalidasi pengalaman penumpang secara keseluruhan, termasuk sistem manajemen kabin dan pilihan hiburan. Tidak hanya itu, kursi dan fasilitas pendukung lainnya turut ditata sedemikian rupa yang diaplikasikan di empat ruang tamu yang tersedia di dalam kabin. Terdapat pula tempat istirahat kru berukuran penuh serta dapur gourmet.

Penerbangan perdana FTV4 ke Las Vegas yang diadakan pada 28 September 2017 silam berbuah manis, dimana semua kontrol dan sistem yang diuji coba dalam penerbangan tersebut berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. “FTV4, pesawat pertama yang dilengkapi dengan interior kabin, memiliki keunikan dalam validasi penerbangan.

Ini seolah mematenkan standar tinggi dalam segi kenyamanan dan desain interior yang tak tertandingi,” ungkap Senior Vice President program Global 7000 dan Global 8000, Michel Ouellette. “Kami telah berusaha sekuat tenaga untuk menjadikan pesawat Global 7000 sebagai jet bisnis yang beda dengan pesawat lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Sukses di C Series, Bombardier Hadirkan Fitur Connected Cabin di Armada Berikutnya

Global 7000 merupakan pesawat jet yang lebih stabil ketimbang jet bisnis lainnya. Dengan menggunakan desain sayap yang lebih maju, pesawat yang hanya mampu menampung delapan penumpang ini mampu menempuh jarak 7.400 NM (Nautical Miles) atau setara dengan 13.705 km saat melaju di Mach 0,85 (647 mph atau setara dengan 1.041 km per jam). Sistem hiburan di dalam kabinnya juga bisa dibilang ciamik, ditambah dengan kecepatan koneksinya yang menggunakan Ka-band, memungkinkan penumpang untuk melakukan streaming konten High-Definition dan menikmati hiburan selama perjalanan.