Setelah Singapura, Volvo Siap Uji Coba Bus Listrik di Indonesia

(Reuters)

Maraknya isu polusi membuat beberapa manufaktur otomotif ramai menawarkan solusi kendaraan listrik untuk pasar Indonesia. Salah satunya yang bakal ikut andil adalah Volvo Truck Indonesia.

Baca juga: Kolaborasi Volvo dan NTU, Singapura Sukses Uji Coba Bus ‘Besar’ Otonom Pertama di Dunia

Kendaraan komersial yang akan dihadirkan dan bertenaga listrik adalah bus dan truk tetapi untuk peluncurannya sendiri belum pasti kapan. Namun CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) Bambang Prijono mengatakan, peluncuran kedua kendaraan komersian bertenaga listrik ini tidak lama lagi.

“Pasti suatu saat kita masukan, cuma belum tahun ini. Tapi pasti itu tidak lama lagi,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Dia juga belum bisa memastikan yang akan diluncurkan truk atau bus terlebih dahulu. Tetapi saat ini pihak Volvo sendiri sudah mulai menguji bus listrik mereka di negara tetangga yakni Singapura.

“Sekarang kita sedang uji coba di Singapura. Bus hybrid sudah berjalan. Sedangkan untuk model truk sudah mulai beroperasi di Eropa dan segera menyusul untuk diuji coba di Singapura,” kata Bambang.

Bus listrik ini memilki panjang 12 meter, AB 7900 dengan kapasitas 93 orang dan mampu mengakut 57 penumpang yang duduk dan berdiri. Tidak seperti bus reguler yang digunakan dalam jaringan transportasi umum di seluruh dunia, kendaraan listrik ini menghasilkan nol emisi dan menggunakan energi 80 persen lebih sedikit daripada bus diesel dengan ukuran yang setara.

Sistem operasi bus listrik ini didukung dengan keamanan siber untuk memastikan keamanan di jalanan umum. Sensor dan kontrol navigasi termasuk deteksi cahaya dan sensor jarak (LIDAR), kamera stereo-vision yang menangkap citra dalam 3D serta sistem satelit navigasi global.

Sistem satelit ini mirip dengan GPS biasa tetapi menggunakan banyak sumber data untuk memberikan akurasi pin-point ke sentimeter terdekat. Ini berjalan paralel dengan “unit manajemen inersia” yang mengukur kecepatan dan pergerakan bus.

Ini akan meningkatkan navigasi bus ketika melewati medan yang tidak rata dan di sekitar tikungan tajam, memastikan perjalanan yang mulus bagi penumpang. Nantinya juga akan menjadi bus pertama di dunia yang membentuk masa depan transportasi umum dengan mempromosikan sistem transportasi yang aman, efisien, dapat diandalkan, dan nyaman untuk semua penumpang.

Dia menambahkan, saat ini Volvo sudah memiliki truk yang full electric namun masih truk yang berukuran kecil. Bahkan untuk di perkotan sudah digunakan untuk mengumpulkan sampah bagi garbage compactor dan beroperasi di Swedia.

(KabarPenumpang.com)

Baru-baru ini Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras mengadakan kompetisi ajang tahunan untuk Driver Challenge. Dalam challenge ini, pengemudi berjibaku dengan lintasan sepanjang lima kilometer yang di bagi menjadi dua sisi yang berfokus pada efisiensi bahan bakan dan menekankan keretrampilan mengemudi dalam menaklukkan sejumlah rintangan.

Baca juga: Volvo Akan Luncurkan Electric Articulated Bus di Busworld Brussels Oktober 2019

Penilaian diberikan berdasarkan efisiensi bahan bakar, kemampuan manuver, dan keamanan. Pemenangnya adalah pengemudi dengan poin gabungan tertinggi dari sisi luar maupun sisi dalam. Pada akhirnya, (nama pemenang) yang membawa pulang gelar juara dan akan melakukan perjalanan ke Gothenburg, Swedia – rumah dari Volvo Trucks – di bulan November bersama dengan pemenang lainnya dari seluruh dunia.