Dengan Airbus A330-900NEO, Ada Kemungkinan AirAsia Buka (Kembali) Rute ke Eropa

A330-900neo milik AirAsia. Sumber: AirAsia Newsroom

Salah satu maskapai berbiaya rendah terbesar dan paling terkenal di Asia, AirAsia sempat membuka rute penerbangan ke Benua Eropa, namun sayangnta rute tersebut diberhentikan pada tahun 2012 silam, alasannya saat itu rute ke Eropa tidak menguntungkan karena load factor yang rendah. Tentu saja, mereka menggunakan pesawat wide-body untuk menjabani rute menuju benua biru, seperti A330 dan lainnya. Pertanyaannya sekarang adalah, apakah Tony Fernandes cs. akan kembali membuka rute menuju Eropa?

Baca Juga: Ekspansi Bisnis Besar-Besaran, AirAsia Berencana untuk Ganti Slogan!

Jawabannya mungkin saja! Karena Tony Fernandes, sang CEO AirAsia masih memiliki mimpi untuk mengembalikan rute penerbangan tersebut. Mimpi AirAsia untuk kembali membuka rute menuju Eropa didukung oleh maskapai-maskapai kelas wahid yang mengoperasikan rute penerbangan dari Eropa menuju kawasan Asia Timur dan Tenggara – mulai dari Lufthansa, KLM, hingga British Airways.

Nah, AirAsia rencananya akan ‘menyelinap’ masuk ke dalam persaingan maskapai full service tersebut dengan label Low Cost Carrier (LCC) yang selama ini bersanding di belakang namanya – dimana soal harga benar-benar bisa ditekan oleh AirAsia. Di sini, AirAsia tidak akan menjelma menjadi maskapai layanan penuh, melainkan AirAsia bisa memanfaatkan kelas bisnis yang ada pada armada mereka.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman simpleflying.com (11/7), AirAsia pada akhirnya akan menggunakan Airbus A330-900NEO yang tengah mereka pesan. AirAsia kemungkinan akan membutuhkan mitra penghubung di Eropa, namun operator layanan penuh mungkin akan menghindari bermitra dengan AirAsia – jelas karena takut pasarnya diambil alih oleh AirAsia.

Tapi mungkin AirAsia bisa bermitra dengan maskapai berbiaya rendah asal Eropa, dan apabila kerja sama ini terjadi, setidaknya penumpang tidak terlalu ‘kaget’ dengan perpindahan moda pengangkut – dari LCC ke LCC, bukan dari LCC ke maskapai layanan penuh.

Lalu, kapan AirAsia akan mulai mengoperasikan rute menuju Eropa? Nampaknya pihak maskapai tidak akan mengopersikan rute ini dalam waktu dekat, mengingat sejumlah persiapan masih harus dilakukan oleh AirAsia, mulai dari perencanaan rute, pencarian mitra, hingga menanti Airbus A330-900NEO yang mereka pesan. Tanpa A330-900NEO, maka peluang AirAsia untuk membuka kembali rute menuju Eropa menjadi sangat kecil.

Baca juga: Buka Rute Ke Frankfurt, Citilink Datangkan 2 Unit Airbus A330-900NEO di Oktober 2019

Sebagai LCC, nampaknya bukan AirAsia saja yang punya peluang terbang ke Eropa, dari Indonesia, maskapai Citilink bahkan sudah menyebut akan melayanu penerbangan ke Frankfurt, Jerman, setelah masakapai berlivery hijau-putih ini menerima dua unit Airbus A330-900NEO.