Dibalik Manfaatnya, Kereta Cepat Juga Membawa Dampak Pada Ekologi

Sumber: ctvnews.ca

Hadirnya teknologi kereta cepat memang didaulat sebagai evolusi masif di dunia transportasi jalur rel, bahkan sebagian pengamat mengatakan bahwa bukan tidak mungkin jika kecepatan dan estimasi perjalanannya akan menurunkan pamor dari perjalanan udara. Namun pernahkah Anda memikirkan dampak negatif dari hadirnya moda semacam ini?

Baca Juga: Fenomena Kereta Tabrak Burung Jadi Dampak Ekologi Kehadiran Bullet Train?

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, sebuah studi yang dilakukan di Spanyol menyebutkan bahwa hadirnya kereta cepat memiliki dampak ekologi, seperti banyaknya burung yang mati akibat ‘tersambar’ kecepatan si ular besi yang bisa melebihi angka 200 km per jam. Kendati modern dan menawarkan banyak keuntungan, namun ada saja pihak yang secara vokal menentang kehadiran kereta cepat.

Seperti yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman kitchener.ctvnews.ca (19/4/2018), adanya jalur kereta cepat InterCity Rail yang menghubungkan tujuh kota di Inggris ini mendapat tentangan dari masyarakat yang daerahnya dilewati oleh kereta tersebut. Salah seorang pejabat dari InterCity Rail mengatakan bahwa warga di tujuh provinsi tersebut tetap bertahan dan enggan daerahnya dilintasi oleh kereta InterCity Rail. “Hingga saat ini, provinsi-provinsi tersebut tetap tidak goyah,” ungkap Kelly Elliot, seorang anggota dewan Thames Center dan anggota InterCityRail.

Jaringan kereta berkecepatan tinggi ini sendiri nantinya akan berhenti di Union Station di Toronto, Bandara Internasional Pearson, Guelph Central Station, pusat transit baru di Kitchener dan stasiun di London hingga tahun 2025. Enam tahun berselang, jaringan tersebut akan diperluas ke Chatham-Kent dan Windsor.

“Kelompok tersebut tetap menentang rencana yang sudah kami ‘masak’, dan meminta untuk mempertimbangkan rute dan teknologi alternatif lainnya,” tandas Kelly. Guna mencari titik terang dari permasalahan ini, Kelly dan sejumlah pejabat lain dari InterCity Rail pun melakukan pertemuan khusus dengan para warga yang menentang keberadaan jalur kereta cepat ini.

Baca Juga: Bullet Train Siap Mengular di Ujung Barat Daya Inggris

Pada pertemuan yang dilakukan secara tertutup ini, Kelly mengatakan bahwa warga mengeluhkan soal lahan pertanian mereka yang nantinya akan berubah menjadi jalur kereta cepat, dan mereka tidak menginginkan itu. Kelly menambahkan bahwa pihaknya akan segera mencari jalan keluar terbaik untuk permasalahan lahan ini.