Ditemukan Ponsel ‘Mencurigakan’, Air France AF136 Terpaksa Melipir ke Irlandia

0
Airbus A330-200 milik Air France. Sumber: Flickr

Maskapai asal Perancis, Air France dikabarkan terpaksa harus mengalihkan salah satu penerbangannya setelah mendapati salah satu ponsel mencurigakan di dalam penerbangannya. Adalah Air France Flight AF136 yang tengah menjalani rute penerbangan dari Paris menuju Chicago beberapa waktu yang lalu terpaksa mendarat di Shannon, Irlandia guna menjalankan protokol keselamatan dan keamanan. Ya, pendaratan ini dilakukan lantaran penumpang dan pihak maskapai menemukan sebuah ponsel tidak bertuan di dalam penerbangan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Ditching, Pendaratan Darurat Pesawat di Atas Permukaan Air

Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman independent.co.uk (21/10), maskapai ini mendarat di Shannon Airport Irlandia pada 20 Oktober 2019 kemarin, sekira pukul 16.30 waktu setempat. Setibanya pesawat di bandara, petugas pemadam kebakaran langsung mengerumuni pesawat alih-alih terjadi sesuatu yang tidak diinginkan – terlebih ketika petugas bandara mengetahui bahwa pesawat ini belum membuang muatan bahan bakar sebelum melakukan pendaratan di sana.

“Ponsel tak bertuan tersebut langsung dibawa oleh petugas kepolisian keluar dari pesawat menuju ruang terminal untuk selanjutnya dilakukan investigasi mendalam,” ujar Garda Inspector, Paul Slattery.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, petugas keamanan di Shannon Airport mengatakan bahwa yang mereka temukan itu hanyalah ponsel biasa dan dikembalikan ke petugas Air France.

“Setelah kami tidak menemukan apa-apa di dalam ponsel tersebut, kami nyatakan ponsel tersebut aman dan dikembalikan ke pihak maskapai,” tandas Paul.

Kurang lebih dua jam setengah setelah pesawat berjenis Airbus A330-200 tersebut mendarat di Shannon Airport, Air France Flight AF136 kembali melanjutkan perjalanan menuju Chicago O’Hare. Pesawat ini pun dikabarkan sempat melakukan pengisian bahan bakar sebelum melanjutkan perjalanan.

Menanggapi insiden kecil namun cukup membuat jantung penumpang berdegup kencang ini, pihak Air France melalui pernyataan resmi tidak menampik apa yang menimpa salah satu armadanya.

“Pihak Air France mengkonfirmasi bahwa awak pesawat AF136 yang bertolak dari Paris CDG menuju Chicago O’Hare (ORD) pada 20 Oktober 2019 memutuskan untuk mengalihkan penerbangan sebagai tindakan pencegahan setelah kru pesawat dan penumpang menemukan sebuah ponsel tak bertuan di dalam pesawat,” tutur pihak maskapai dalam sebuah pernyataan resmi.

“Air France AF136 mendarat di Chicago dengan selamat sekira pukul 20.26 waktu setempat,” sambungnya.

Kuat dugaan, ponsel tersebut merupakan milik penumpang yang sebelumnya menunggangi pesawat yang sama.

Baca Juga: Insiden Landing Gear Boeing 737-800 SpiceJet, Drama Pendaratan Darurat Yang Dramatis!

Dari sini diharapkan Anda semua bisa menarik satu pembelajaran berharga, dimana Anda harus lebih teliti lagi ketika hendak meninggalkan pesawat – jangan sampai ada barang yang tertinggal seperti pada kasus ini. Toh yang rugi bukan hanya Anda karena kehilangan ponsel, melainkan juga pihak maskapai karena sampai-sampai harus melipir keluar dari jalur penerabangan guna menerapkan skema keamanan dan keselamatan, serta waktu penumpang lain yang terbuang percuma.

Leave a Reply